selasar-loader

Apa arti ungkapan "Double Irish with a Dutch Sandwich?"

LINE it!
Answered Nov 08, 2017

Andi Kustanto
Data Enthusiast | Tea Lover | Jazz Lover

Double Irish with a Dutch Sandwich  adalah istilah dalam teknik penghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan multinasional, yang melibatkan penggunaan kombinasi anak perusahaan dari Irlandia dan Belanda untuk mengalihkan keuntungan yang didapatkan perusahaan ke yurisdiksi yang rendah agar tidak dikenakan pajak. Double Irish with a Dutch Sandwich melibatkan keuntungan melalui satu perusahaan Irlandia, kemudian di transfer ke perusahaan Belanda dan akhirnya menjadi perusahaan Irlandia kedua yang berkantor di Tax Havens. Teknik seperti di atas memungkinkan perusahaan yang terdaftar berusaha untuk mengurangi tarif pajak perusahaan secara keseluruhan.

Double Irish with a Dutch Sandwich adalah salah satu skema penghindaran pajak internasional yang melibatkan pengaturan transaksi antara anak perusahaan untuk memanfaatkan keistimewaan berbagai peraturan pajak nasional asal perusahaan itu berada. Teknik Double Irish with a Dutch Sandwich paling menonjol digunakan oleh perusahaan teknologi, karena perusahaan-perusahaan ini dapat dengan mudah mengalihkan sebagian besar keuntungan ke negara lain dengan memberikan hak kekayaan intelektual kepada anak perusahaannya di luar negeri.

Double Irish with a Dutch Sandwich umumnya dianggap sebagai strategi perencanaan pajak yang sangat agresif dilakukan oleh perusahaan teknologi seperti Google, Apple dan Microsoft. Pada tahun 2014, di bawah pengawasan ketat Amerika Serikat dan Uni Eropa, ditemukan bahwa teknik Double Irish with a Dutch Sandwich telah mengirim beberapa miliar dolar setiap tahun ke Tax Havens. Kegiatan ini sudah lama dilakukan untuk mendapatkan tarif pajak rendah atau bahkan bebas pajak untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum. Perusahaan dengan struktur mapan akan terus mendapatkan keuntungan dari sistem lama ini. Maka dari itu, dibutuhkan peran pemerintah untuk menutup celah ini agar perusahaan-perusahaan multinasional tersebut taat membayar pajak. Karena pajak adalah salah satu pilar membangun bangsa.

643bec98339f8d1ca242764d1ff5fede.jpg

Sumber gambar: iPleaders Blog

1946 Views
Write your answer View all answers to this question