selasar-loader

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

LINE it!
Answered May 01, 2017

Baskoro Aris Sansoko
Mahasiswa UNAIR; baskoroaris.com

_vVa_xLbK2ogEJ-oTEAQ3Z4-SXxALI0x.jpg

Ada banyak novel yang meninggalkan kesan di jiwa yang kemudian berpengaruh ke kehidupanku. Yang menurutku paling membekas adalah The Kite Runner tulisan Khaled Hosseini, yang mungkin karena novel itu aku membenci segala bentuk keekstreman hingga sekarang. Hanya saja, untuk kali ini, aku rasa aku perlu mengangkat novel yang menjadi pemantikku untuk mulai membaca dan menulis lebih banyak.

Novel itu adalah Ayat-ayat Cinta tulisan Habiburrahman el-Shirazy.

Sederhananya, aku sangat suka cara beliau dalam bertutur cerita melalui aksara. Penggambaran proses Fahri dalam berkuliah sambil berniaga dan detil-detil tentang Kairo dan kehidupan di dalamnya membuat aku yang pada waktu itu masih kelas 6 SD benar-benar ingin bisa bercerita dengan cara yang sama.

Walaupun pada hari ini isi novel Ayat-ayat Cinta sedikit sekali yang membekas karena spektrum pemikiran yang hari ini ada pada diri saya dapat dianggap berbeda dengan spektrum pemikiran Habiburrahman el-Shirazy, namun Ayat-ayat Cinta akan selamanya menjadi pemantik untuk tahap-tahap selanjutnya; baik membaca novel luar negeri dengan penulis yang cukup popular seperti Aldous Huxley hingga novel ustadz dari komunitas Islam yang spesifik seperti ustadz Abu Umar Basyier dari komunitas salafi.

Semoga ini menjadi amal jariyah bagi Habiburrahman el-Shirazy. :)

 

Sumber gambar: aliffira.files.wordpress.com (KAM)

304 Views
Write your answer View all answers to this question