selasar-loader

Bagaimana kesan Anda mengenai budaya akademik di Universitas Gunadarma?

LINE it!
Answered Nov 02, 2017

Mujahid Al Fadhlullah
Mahasiswa Antropologi Budaya UGM, Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

Berbicara mengenai budaya akademik setiap Universitas di Indonesia, mulai dari Universitas teratas hingga universitas terbawah, menurut saya tidak ada bedanya, alias semuanya sama. Prespekstif yang saya bawa adalah bagamimana obrolan keseharian mahasiswa di kampus ataupun di luar kampus. Kita dapat melihat obrolan mahasiswa Indonesia salah satunya melalui media sosial. Media sosial yang sering di gunakan oleh mahasiswa Indoensia kebanyakan LINE dan WA serta Facebook. Semua informasi nasional, berita yang terbaru, serta isu yang hangat dapat dijumpai di media LINE, Broadcast WA, dan Berita di Facebok. Dan kita tahu topik topik berita yang keluar adalah berita poltik, berita tentang jakarta, berita tentang tindakan kriminal dan sebagainya. Adapun berita tentag penemuan ataupun inovasi dari kalangan mahasiswa jarang di beritakan.

Menurut data yang di sampaikan oleh Ismail Fahmi dalam diskusi "Kedaulatan di era digital", perbandingan obrolan antara mahasiwa Harvard, MIT, dan Stanford dengan mahasiswa ITB, UI, dan UGM sangat jauh. Mahasiswa Harvard, MIT, dan Stanford sudah membicarakan tentang bipcoint, AI, Robot. Sedangkan Mahasiswa UGM, UI, dan ITB hanya membahas kabar kabar tentang kampus, event event kampus. Jarang yang mengemukakan inovasi dan penemuan baru dari Mahasiswa. 

Pada intinya ketika di tanya bagaimana kesan budaya akademik setiap Universitas di Indonesia, jawabanya adalah sama saja, tidak ada lingkungan yang mendukung untuk membuka diskusi penemuan atau inovasi dari kalangan mahasiswa    

228 Views
Write your answer View all answers to this question