selasar-loader

Apa pengalaman terburuk yang pernah Anda alami seumur hidup?

LINE it!
Answered Apr 30, 2017

Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

cdbMarEGcxItcs2ty8ScIpJldaSoraV0.jpg

gambar via rairayy.blogspot.co.id

 

Bicara pengalaman buruk, saya beberapa kali mengalaminya, tapi barangkali ada satu pengalaman yang paling tidak enak, dan tampaknya menjadi dasar perasaan cemas yang sering hadir dalam diri saya. Apa itu?

Berak di celana saat SD,  jadi pengalaman buruk saya. Mimpi buruk itu terjadi saat saya kelas satu SD. Mungkin saat ini saya bisa tertawa saat mengingat kembali kejadiannya, namun pada saat itu perasaan yang saya alami seakan dunia mau kiamat. Agak lebay sih, namun hal tersebut benar saya rasakan.

Saya masih ingat bagaimana guru kelas saya seperti menahan marah, dan bilang "Kok gak ngomong waktu mau eek?!" Kemudian bu guru tersebut membuka celana pendek (baju olahraga saat itu) dan membuangnya ke dekat tanaman halaman sekolah. Saya merasa malu dan sangat bersalah saat itu, selain nada bicara bu guru yang tinggi, tatapan teman-teman sekelas rasanya mengejek, dan marah kepada saya. Bu guru ini juga tetangga depan rumah saya, jadi komplitlah penderitaan pagi itu, hehehehe. 

Kemudian, saya diantar ke toilet untuk membersihkan diri, serta diberi celana olahraga baru. Setelah itu tak terjadi apa-apa, pelajaran kembali dilanjutkan, namun perasaan gak nyaman menghampiri saya, peristiwa ini seolah menjadi trauma psikologis tersendiri dan tampaknya menjadi dasar gangguan cemas yang saya idap tahun-tahun berikutnya. Beruntung saat besar saya mengikuti sertifikasi hipnoterapi klinis, sehingga saat itu menjadi sesi terapi untuk saya.

Well, pengalaman itu jadi hal yang berharga dan tak terlupakan, namun saya sudah menerimanya menjadi bagian sejarah hidup saya. Cerita ini juga merupakan bagian dari merilis pengalaman traumatik sehingga semakin sempurna kesembuhan yang diharapkan.

 

223 Views
Write your answer View all answers to this question