selasar-loader

Bisnis apa yang bagus untuk pertanian di masa mendatang?

LINE it!
Answered Nov 02, 2017

Heri Kurniawan
Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 7 Makassar

Di masa depan kebutuhan akan bahan pangan akan semakin meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk, kebutuhan akan produk pertanian akan semakin diusahakan untuk memenuhi kebutuhan akan makan para penduduk. Namun, harus diketahui pula bahwa lahan untuk pertanian akan semakin menyempit karena pembangunan pemukiman maupun berbagai fasilitas. Untuk itu tren di masa depan yang akan popular terkait pertanian adalah hidroponik dan verticalkultur. Kedua metode tersebut cukup popular saat ini apalagi sejak tren hidroponik mulai merebak di kalangan masyarakat perkotaan khususnya mereka yang memperhitungkan sisi kebersihan, keutuhan, dan kesehatan produk.

Metode bertanam di lahan sempit dan tanpa menggunakan tanah menarik untuk dijalankan sebagai kerja paruh waktu, biaya yang digunakan untuk merakit instalasipun relatif terjangkau, perawatan cukup mudah dapat dilakukan di sela-sela pekerjaan utama, nutrisi dapat diracik sendiri dan untuk memperolehnya pun banyak tersedia di banyak tempat.

Saat ini bisnis hidroponik banyak dipraktikkan oleh praktisi-praktisi pertanian, mereka tidak hanya mengkonsumsi produk yang dihasilkan namun juga di jual di berbagai tempat misal supermarket dan restoran.

159 Views
Write your answer View all answers to this question