selasar-loader

Bagaimana menumbuhkan keberanian anak untuk bermimpi?

LINE it!
Answered Nov 02, 2017

Muhamad Fathan Mubin
#Psikologi UGM 2015 #Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 3 Yogyakarta

1cs-6frK9gdDCCzTmXiL_Mn1vFcKR522.jpg

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah anak terkadang merasa bahwa dirinya inferior. Inferioritas itu bisa diatribusikan karena adanya keterbatasan fisik, akademik, maupun yang berkaitan dengan keluarga (social economic status). Ini kemudian yang harus dipahami secara mendasar kepada anak; sejatinya, setiap orang memang punya bentuk dan versinya masing-masing sehingga setiap anak pun pasti punya bakat serta minat yang berbeda.

Poin kedua adalah dengan memahami bahwa bentuk kecerdasan itu ada banyak jenisnya, tidak terbatas pada kemampuan matematis, verbal, atau mekanik. Bahkan ada kecerdasan yang berkaitan dengan kinestetik, musik, dan lainnya, sehingga pemahaman ini mesti secara jelas disampaikan kepada anak. Anak akan merasa bahwa dirinya bisa mengembangkan kecerdasan yang dimiliknya.

Poin ketiga adalah dengan cara apresiasi. Setiap usaha seorang anak dalam mengembangkan bakatnya harus diapresiasi sebaik mungkin, sehingga secara perlahan seorang anak bisa perlahan percaya diri dengan apapun bakat yang ia tunjukkan.

 

Ilustrasi via pixabay

226 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored