selasar-loader

Apa yang biasanya investor tanyakan ketika pertama kali ingin berinvestasi?

LINE it!
Answered Oct 31, 2017

Ma Isa Lombu
Pendiri dan Chief Business Development Officer Selasar

-GoOTDLhydo0IlK5iLXZRRcfz6_wyKXA.jpg

Bergantung pada dari mana ia berasal.

Pada dasarnya, investor mengharapkan dividend, capital gain, atau keduanya. Rincian jawaban yang berkaitan dengan harapan seorang investor ketika mendanai sebuah perusahaan startup dapat dilihat di sini.

Nah, jika pertanyaannya adalah hal yang mungkin ditanyakan pertama kali kepada para founders ketika proses pitching dilakukan, berdasarkan pengalaman saya, terdapat dua tipe investor berdasarkan asalnya.

FYI, pertanyaan pertama yang diajukan oleh seorang investor menurut saya akan sangat erat kaitannya dengan bagaimana si investor tersebut memandang bisnis yang akan ia invest

Dalam menjawab pertanyaan ini, saya akan ceritakan pengalaman saya sebagai praktisi bisnis digital/internet. Untuk itulah maka profil investor yang akan saya jelaskan lebih lanjut adalah tipe dari para investor dimana saya pernah melakukan presentasi produk/perusahaan digital kepadanya. 

Dua tipe investor tersebut adalah:

a. Investor dalam negeri

klo2InN6cjpei2Aeqhx6fadiwS4thUU4.jpg

"Kalau saya invest sebesar xxx, kapan baliknya?"

Statement ini menggambarkan investor lokal umumnya lebih mengharapkan dividend, risk averse, dan cenderung tradisional dalam melakukan kegiatan investasi. Investor tipe ini sangat concern terhadap revenue, profit, dan kapan ia akan menuai hasil dari proses investasi yang dilakukan. Umumnya, investor tipe ini akan berinvestasi di industri yang dapat memberikan kepastian revenue dengan risiko rendah seperti komoditas, property, ataupun tambang.

Untuk itulah maka perusahaan digital/internet jarang mendapat tempat di tipe investor yang seperti ini. Maka, apabila para founders digital company melakukan pitch dengan investor macam ini, saran saya, jangan berharap terlalu banyak.

b. Investor luar negeri

a-LSSjXtgSKzoGmr1HTVoIbb8Fv93ilx.jpg

"Seberapa besar marketnya?"

Pertanyaan jenis ini mengindikasikan concern-nya seorang investor akan pertumbuhan perusahaan. Dengan tumbuhnya perusahaan, maka nilai perusahaan juga akan semakin besar. Konsekuensinya adalah apabila sang investor menjual sahamnya ketika nilainya sudah bertumbuh, maka ia akan mendapatkan capital gain atas investasinya tersebut.

Tentu tidak semua investor yang berasal dari luar negeri memiliki concern yang sama akan capital gain, tetapi untuk para startup founders, tipe investor yang berorientasi akan capital gain dan risk taker adalah jenis investor yang tepat untuk dijajaki lebih lanjut. Dari semua tipe investor yang  capital gain oriented dan risk taker, Venture Capital adalah perwujudan investor tersebut.

Untuk itulah maka apabila Anda sedang mencari investor yang Anda harapkan dapat berinvestasi di perusahaan digital yang sedang dikembangkan, maka carilah venture capital. Venture capital biasanya mulai masuk berinvestasi dalam round seed investing, sampai unicorn.

232 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Ma Isa Lombu
Pendiri selasar.com | Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia