selasar-loader

Apa yang membuat Anda yakin untuk menggunakan hijab?

LINE it!
Answered Oct 30, 2017

Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

VeJJ-Oaw8m2vFKFJZQbRodczHqqA5GsA.png

Ada banyak alasan, tetapi satu yang memayunginya: Perintah Allah SWT (yang diberi banyak bonus tambahan).

Perintah Allah tentu merupakan salah satu wujud cinta dan kasih sayang-Nya pada kita, khususnya muslimah. Hijab adalah identitas dasar seorang muslimah. Melalui hijab ada banyak kenikmatan yang diberikan Allah. Hijab adalah pelindung dan pembeda, penjaga izzah dan iffah, pemberi ketenangan batin.

Satu contoh kecil manfaat berhijab adalah dengan hijab, kita bisa dikenali sebagai seorang muslimah. Saya ingin bercerita sedikit. Saya ingat sekali waktu saya hampir makan di sebuah restoran Korea di Pantai Indah Kapuk (PIK). Saat itu, saya berasumsi bahwa semua makanan di sana halal karena meskipun makanan Korea, tetap saja letaknya di Indonesia. Tetapi ketika akan memesan makanan, seorang pelayan mengatakan, "Makanan yang ini tidak halal, tetapi di sini kami menyediakan beberapa jenis makanan yang halal" dan dengan cekatannya menjelaskan dan menunjukkan beberapa makanan rekomendasi yang tentunya halal.

Saat itu, saya terhentak. Saya terkejut, bagaimana bisa pelayan itu bisa menjelaskan makanan halal padahal saya belum mengatakan saya seorang muslim. Melihat diri sendiri, saya tahu jawabannya; karena saya berhijab. Hal tersebut saya sadari saat pengunjung di sebelah saya memanggil pelayan yang lain, bermaksud mengganti pesanan setelah mendengar penjelsan akan makanan halal oleh pelayan yang menghampiri di meja saya (mendengar penyampaiannya kepada pelayan yang lain).

Bayangkan jika saya tidak berhijab, bagaimana saya akan dikenali sebagai seorang muslimah? Seperti pengunjung di sebelah tempat duduk saya waktu itu yang dibiarkan memesan makanan tidak halal karena identitasnya tidak dikenali. Jadi, itulah salah satu keistimewaan hijab; secara tidak disadari ikut serta melindungi kita dari makanan yang tidak halal.

Saya memberikan contoh di atas karena baru dua hari yang lalu saya mengalaminya sehingga masih sangat terekam jelas di kepala saya. Namun, ada banyak lagi nikmat yang didatangkan dengan berhijab.

Bagi saya, tidak ada yang perlu diragukan untuk mengenakan hijab. Bukan sekedar memenuhi kewajiban, tetapi hijab terlalu banyak memberikan warna dalam kehidupan seorang muslimah. Sangat indah, rasanya.

Tetapi tetap saja, itu adalah pengalaman saya dan teman-teman yang berhijab. Jika ingin merasakannya, maka cobalah untuk mengalaminya sendiri.

Berhijablah, wahai saudariku....

177 Views
Write your answer View all answers to this question