selasar-loader

Bagaimana awal mula fashion hijab di Indonesia berkembang?

LINE it!
Answered Oct 30, 2017

Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

sxVZnrp7vBNl8UsE_a0UCW-32EP3rCpK.jpg

Hijab di Indonesia sebetulnya sudah berkembang sejak sebelum kemerdekaan. Pada tahun 80-an, hijab lebih akrab disebut sebagai jilbab atau kerudung dengan fashion-nya berupa sehelai kain tipis yang hanya ditaruh di kepala seperti selendang. Sesederhana itu di tahun 80-an.

Kemudian di tahun 90-an hingga 2000, hijab mengalami pekembangan. Hijab dibentuk dalam model segitiga, dililit, dan dimasukkan ke leher baju. Hijab menjadi lebih praktis dan mudah ditiru.

Lalu, tren hijab masa kini yang sangat pesat. Hijab telah memasuki dunia fashion sehingga dapat dikenalkan ke seluruh belahan bumi. Fashion hijab telah menjadi suatu hal yang menarik dengan tersedianya berbagai motif dan gaya pemakaian. Hijab masa kini tampak semakin eksis dengan berbagai macam bentuk hijab yang dipadukan dengan busana yang syar’i tetapi kekinian.

Selain itu, perkembangan hijab di dunia modern juga terjadi karena tidak menghalangi perempuan untuk berkembang dan berkarier.

Hijab tersedia dalam berbagai keperluan, sehingga untuk aktivitas apapun, hijab seakan selalu hadir dalam bentuknya yang berbeda-beda namun tetap modis dan sesuai fungsinya sebagai penutup aurat. Terdapat hijab khusus untuk olahraga seperti renang. Ada juga yang dapat digunakan untuk kantor, jalan-jalan, acara resmi, pesta, dan lain-lain.

vh3E17DhJ7faGoPpSrus-yfVSnOqJmFH.jpg

Jadilah hijab berkembang pesat seperti yang kita saksikan saat ini.

 

Ilustrasi via pixabay

226 Views
Write your answer View all answers to this question