selasar-loader

Apakah kekhalifahan menjamin keadilan dan kesetaraan bagi agama lain?

LINE it!
Answered Oct 30, 2017

Aulia Hanifah
Mahasiswi Farmasi Universitas Indonesia | Tiara 8, Rumah Kepemimpinan Awardee

jPaXIjXJhzBEl8yG5Kp8W7jCZMKqk51Y.jpg

Kekhalifahan adalah sistem kepemimpinan yang mengandung tiga unsur; tidak terbatas terhadap wilayah, berada di bawah satu kepemimpinan, berdasarkan hukum syariat islam. Secara teori, hukum syariat Islam telah mengatur semua aspek kenegaraan sehingga dapat menjamin keadilan dan kesetaraan bagi agama lain. Contohnya, syariat Islam mengatur bagaimana manusia dididik menjadi warga negara yang baik, yang bersusila, yang pada akhirnya akan membentuk suatu individu yang dapat bersikap adil.

Apabila keadaan ini telah terwujud, maka terciptalah suatu negara hukum karena tujuan negara adalah kesempurnaan warganya yang berdasarkan atas keadilan. Konsep berupa keadilan yang harus dicapal oleh negara dalam penerapan hukumnya juga dikemukakan oleh Aristoteles.

Dalam penerapannya oleh beberapa negara, memang syariat Islam ini belum bisa diterapkan secara kaaffah atau sempurna sehingga masih banyak kejanggalan yang terlihat dari sistem ini. Namun, hal ini bukan merupakan kesalahan sistem, namun memang ketidaksempurnaan individu yang merupakan sebuah keniscayaan dari manusia.

 

Ilustrasi via pixabay

335 Views
Write your answer View all answers to this question