selasar-loader

Mengapa kita perlu merencanakan liburan ke Bandung?

LINE it!
Answered Oct 27, 2017

H06uNgyMB0UW8gDyEv_BDSRSum0jB1e1.png

Pekerjaan, tugas kuliah, deadline, atau kesibukan apapun sering menyita waktu Anda. Kadang-kadang sering bikin kita jadi males dan tidak produktif lagi di hari-hari selanjutnya.

Karena itu kita perlu merencanakan liburan bersama keluarga, piknik, atau sekedar me time. Bandung mungkin menjadi salah satu destinasi wisata yang patut ada dalam rencana selasares semuanya. Wisata kuliner, alam, atau Trans Studio Bandung bisa menjadi pilihannya.

Punya jawaban versi kamu? Ayo jawab kenapa kita harus merencanakan liburan ke Bandung! Caranya mudah sekali. Cukup jawab pertanyaan ini!

Kali ini akan ada hadiah:
Juara 1: 4 tiket TSB, 
Juara 2: 3 tiket TSB, dan 
Juara 3: 2 Tiket TSB

Mudah kan! Ayo jawab pertanyaan tersebut, jangan lupa share atau bagikan informasi di atas pada teman atau saudara kamu ya. Tunggu apa lagi!

Ketentuan :

- Pengumpulan jawaban 25 Oktober - 22 November

- Jawaban tidak boleh satu kalimat dan minimal 350 kata

- Silahkan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan pemikiran/ide/pengalaman/insight yang kamu miliki. Lebar maximal image adalah 1000px agar gambar tidak pecah

- Share jawaban kamu di media sosial yang kamu miliki


Helman Taofani
Pendengar, pemirsa, dan mencoba menjadi yang digariskan Tuhan.

Lz5VuOQUDt2BbSbhIfH2xAABtrTRXz2T.jpg

Kunci pertanyaan ini adalah pentingnya merencanakan liburan ke Bandung. Jadi, saya akan fokus pada hal itu saja.

Liburan ke Bandung bisa agak tricky sehingga ada baiknya direncanakan. Perencanaan yang pertama adalah akses menuju Bandung. Bandung bisa diakses via beberapa moda transportasi, yaitu jalan raya (kendaraan pribadi, bis, travel/shuttle), jalur kereta, dan jalur udara, tergantung dari mana kita menuju Bandung. Pilihan paling populer adalah akses jalan raya dari Jakarta dan sekitarnya menuju Bandung.

Di sinilah pentingnya merencanakan karena jalur tersebut bisa sangat padat pada akhir pekan. Demikian juga dengan aturan 5 in 1 yang akan menyambut pengguna jalan tol Cipularang yang keluar di exit Pasteur (semacam exit utama).

Penggunaan jalur kereta dan pesawat juga harus direncanakan terlebih dahulu karena keterbatasan kapasitas. Di akhir pekan, kapasitas kereta ke Bandung bisa cepat ludes. Sementara penerbangan langsung ke Bandung juga tak terlampau banyak. Pergi dengan moda ini artinya membuat kita harus merencanakan liburan ke Bandung jauh-jauh hari.

Oleh karena itu, perencanaan yang paling utama adalah kapan dan bagaimana kita menuju Bandung.

Perencanaan yang kedua adalah mobilitas di dalam kota atau daerah sekitar Bandung. Bila menggunakan kendaraan pribadi, rencanakan rute yang menyesuaikan dengan kebiasaan lalu-lintas yang ada. Beberapa destinasi wisata Bandung (seperti Lembang, Dago, Jl. Riau, dan sebagainya) cenderung padat di akhir pekan sehingga jamak mengalami kemacetan.

Apabila ingin ke daerah sekitar, rencanakan juga jenis mobil yang akan digunakan. Minimal mobil harus siap dengan kontur kota Bandung yang dinamis. Banyak tanjakan dan turunan curam di destinasi-destinasi wisata, terutama di sekeliling Bandung yang berada di dataran tinggi.

Bila ingin menggunakan kendaraan umum, rencanakan juga dengan mempelajari rute angkot dan bis yang melayani perjalanan. Bandung dikenal sebagai kota angkot. Mobilitas paling umum dilakukan dengan menggunakan moda ini, meski sekarang kehadiran ojek online mulai dipilih sebagai alternatif. Anda perlu mengetahui titik-titik awal jalur angkot seperti terminal Cicaheum, Kalapa, Ledeng, Dago, dan sebagainya.

Perencanaan yang tak kalah penting juga menentukan jenis destinasi wisata apa yang akan dikunjungi. Bandung menawarkan banyak atraksi wisata. Yang populer antara lain wisata alam dataran tinggi yang mengelilingi Bandung (Dago Pakar, Maribaya, Lembang, dan banyak lagi). Jenis lain yang juga diminati adalah wisata belanja dan kuliner yang banyak terdapat di penjuru kota.

Bandung juga menawarkan wisata sejarah dengan peninggalan bangunan bersejarahnya. Kota tua Bandung yang beratmosfer Eropa cukup skenik sebagai latar foto-foto.

Jangan lupa, Bandung juga merupakan kota modern yang besar. Hiburan dan atraksi kiwari jamak dijumpa di Kota Kembang tersebut. Mal, taman bermain, dan pusat-pusat perbelanjaan dan perniagaan tersedia lengkap di sana.

Jadi, pilihan wisata ini juga sebaiknya direncanakan supaya nantinya tidak “too much plan, see nothing”.

 

Ilustrasi via rajatourbandung

246 Views
Write your answer View all answers to this question