selasar-loader

Bagaimana cara yang pas mengendalikan audience yang tidak fokus dalam suatu acara?

LINE it!
Answered Oct 25, 2017

Grace Natalie
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia

Kayaknya ini pengalaman pribadi Zulfian, ya?

Saya punya tips, nih. Kalau audiens kita nggak fokus, mungkin ngomong sendiri dengan temannya, berisik, bikin orang jadi terganggu, dan suasana jadi nggak enak, saya pikir cara yang paling ampuh itu antara lain dengan memanggil audiens yang tidak fokus itu. Pasti langsung/seketika ruangan jadi fokus! Antara berharap dipanggil juga atau takut untuk diminta ke depan. Tapi kita bukan menghukum, ya, tapi mungkin misalnya kita samperin dengan mikrofon, sekedar tanya aja, “Namanya siapa? Dari mana? Blablabla....” Ajak ngobrol, tapi pakai mikrofon. Itu pasti akan jadi fokus lagi dan pasti akan langsung ke-grab lagi perhatian/fokus audiens lain ke kita.

Saya juga ketika sedang membawakan sebuah acara jarang mau duduk diam, karena kalau kita berdiri, kita lebih bisa jaga eye contact dengan audiens. Itu sangat-sangat penting untuk menjaga mereka tetap ikutin pembicaraan kita.

Kalau tips tadi sudah dipakai, tips lainnya adalah jalan-jalan. Muter-muter. Makanya, pastikan mikrofonnya wireless, ya, karena kalau kabel kan susah. Jadi, dengan kita jalan-jalan, sesekali suaranya dimainkan ya, intonasinya. Naik...gitu, kan. Bukan marah, tapi main intonasi itu juga membantu orang untuk tetap “terjaga” ketika kita lagi membawakan acara. Kalau kita bisa punya topik atau jokes yang relate dengan audiens, mereka pasti nggak akan lari fokusnya.

73 Views
Zulfian Prasetyo

Hahaha, nggak begitu kok, Mbak Grace... :D  Dec 8

Write your answer View all answers to this question