selasar-loader

Bagaimana cara meredam stres sebelum ujian bagi mahasiswa?

LINE it!
Answered Apr 29, 2017

Gambar terkait

Pertanyaan ini tepat sekali karena sebentar lagi saya akan mengadapi Ujian Akhir Semester pada pertengahan bulan Mei hingga awal Juni. Ya, pasti sebagai mahasiswa, ia akan panilk dan mungkin juga stres ketika akan mengahadapi UAS karena UAS masih menjadi "momok" yang menakutkan bagi sebagian orang, termasuk saya. Mengapa? Karena ketika masa-masa UAS, tugas akan berkali-kali lipat lebih banyak dari hari-hari biasanya. Hal ini disebabkan karena umumnya, UAS yang akan saya hadapi adalah membuat paper atau makalah.

Jika diberikan pilihan, saya lebih memilih untuk ujian tulis di kelas daripada ujiannya berupa tugas makalah atau paper yang dalam penyelesainnya membutuhkan usaha yang lebih keras daripada ujian tulis. Itu menurut saya. Ditambah lagi, ketika membuat makalah atau paper, kita memerlukan beberapa hari bahkan mungkin minggu untuk menyelesaikan tugas tersebut sehingga UAS menjadi terkesan lama.

Lalu, bagaimana cara meredam stres sebelum mahasiswa menghadapi ujian? Salah satu cara yang biasanya saya lakukan adalah melakukan refreshing. Refreshing ini dapat berbagai macam sesuai dengan yang disukai setiap orang. Jika saya, saya mungkin akan puas-puas menonton drama Korea karena ketika menonton drama Korea, saya merasa terhibur dan ketika selesai menontonnya, saya akan merasa lebih tenang. Jika ternyata saya mengalami masa kejenuhan menonton drama, saya biasanya akan melakukan rekreasi ke tempat-tempat wisata, khususnya wisata alam. Namun, berhubung di Depok atau Jakarta kurang memiliki destinasi wisata alam yang tidak sebanyak di Kebumen, biasanya saya akan mengalihkannya ke mall untuk berbelanja. Mungkin ini karena bawaan naluri wanita dengan catatan saat itu, saya memiliki uang untuk membeli beberepa barang.

Itulah beberapa cara yang biasanya saya lakukan untuk menghilangkan stres di tengah tugas yang merajalela. :)

Gambar via rrdini.weebly.com

253 Views
Write your answer View all answers to this question