selasar-loader

Menurut Anda, apa alasan seorang pesepakbola hanya bertahan di satu tim sepanjang kariernya?

LINE it!
Answered Oct 19, 2017

Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Hpq_ToQsFd8-SX_D_YCp4U16E_C9KHr0.jpg

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi loyal terhadap klub sepakbola yang menjadi timnya bermain. Salah satunya adalah faktor orangtua atau keturunan. Dari ayah hingga putranya, semua bermain pada satu klub yang sama. Contohnya adalah Cesare Maldini, Paolo Maldini, hingga sang cucu, Cristian Maldini. Ada juga pesepakbola yang setia hingga akhir kariernya karena ia membela klub yang menjadi tanah kelahirannya atau tempat tinggalnya. Seperti Steven Gerrard atau Iker Casillas. 

Selebihnya, faktornya bisa beragam. Ada pemain yang setia karena menerima kontrak hingga akhir masa bermainnya seperti Andres Iniesta. Ada juga yang setia dalam berbagai keadaan klubnya, seperti Alessandro Del Piero di Juventus. Ia telah mengalami berbagai rasa dengan Juventus, mulai dari asam garam Serie A Italia hingga degradasi akibat calciopoli yang mendera timnya

Tidak ada alasan khusus bagi seorang pesepakbola untuk setia, selain karena memang hatinya yang telah terpaut dengan klubnya tersebut. Dinamika satu klub dengan yang lain takkan sama, namun tentu alasan untuk setia dan loyal terkadang tak sampai dinalar oleh orang lainnya. Terkadang, beberapa memang sulit untuk dimengerti. 

Ilustrasi via gazzetta.it

280 Views
Write your answer View all answers to this question