selasar-loader

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?

LINE it!
Answered Oct 12, 2017

Mohon memberikan jawaban beserta deskripsinya. Jawaban dengan deskripsi yang panjang (tidak hanya menyebutkan nama) akan sangat diapresiasi dan berpeluang lebih besar disebarkan oleh tim media sosial Selasar.


Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

H. Haryanto atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Haji adalah seorag pengusaha yang bergerak di bidang jasa transportasi, khususnya dalam perusahaan otobus. Hingga kini, armada bus yang dimiliki Pak Haji berjumlah sekitar 100 unit lebih. Yang unik, tiap unitnya memiliki karakter tersendiri. Ada yang berjuluk "New Tattoo 505", "Paradise", "Java's King", "Sensation" dan masih banyak lagi. Masing-masing armada pun memiliki ciri khas berupa kalimat "sholawat" yang ditempelkan di tipe armadanya. Ada yang ditempelkan di windshield depan, kaca samping, dan juga belakang.

Uniknya, Pak Haji bukanlah seorang lulusan jurusan angkutan darat ataupun pewaris perusahaan dari orangtuanya. Sebelum meniti karier di perusahaan otobus ini, Pak Haryanto adalah seorang tentara di kesatuan Kostrad Angkatan Udara di Tangerang. Awalnya, beliau bertugas sebagai pengemudi angkutan logistik di Kesatuan. Sadar bahwa kebutuhannya takkan terpenuhi, kemudian Pak Haryanto bekerja sambilan sebagai sopir angkot dan juga perwakilan PO Sumber Urip. Dari pekerjaan ini, Pak Haryanto memiliki banyak jumlah unit angkot yang biasa beroperasi di daerah Tangerang.

Pekerjaan ini terus ditekuninya hingga tahun 2000-an. Hingga akhirnya di usia 43 tahun, Pak Haryanto memilih untuk pensiun dari Kesatuan dan mengantongi uang pesangon per bulannya. Uang tersebut digunakan untuk membeli beberapa unit bus besar dengan pelayanan kelas ekonomi di daerah Tangerang. Namun, menyadari okupansi yang kurang, akhirnya Pak Haryanto mengalihkan busnya menjadi kelas eksekutif dan membabat alas rute Jakarta-Jawa tengah di sekitar daerah kaki gunung Muria (Jepara, Cepu, Kudus Pati).

Hingga kini, PO Haryanto telah meiliki rute ke beberapa daerah di pulau Jawa (Madura, Ponorogo, Solo, Wonogiri) dan armada pariwisata yang handal serta terpercaya dalam kualitasnya. Sadar bahwa usaha gemilang ini berasal dari Allah, Pak Haryanto juga memberikan hadiah untuk pergi Ibadah haji setiap tahun untuk kru bisnya. Bis ini juga tidak pernah melewatkan salat subuh kala dalam perjalanan. Melewatkannya akan berakibat pada pemotongan upah. Sungguh kreatif dan bermanfaat sekali inovasi transportasi yang dilakukan oleh Pak Haryanto ini. Semoga ke depan, segala yang diusahakan dapat berguna dan terus berkembang bagi kebermanfaatan agama, negara, dan bangsa.

230 Views
Write your answer View all answers to this question