selasar-loader

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

LINE it!
Answered Oct 11, 2017

Seperti apakah keterlibatan tersebut? Adakah keterlibatan Indonesia secara langsung?


Rezdi Luthfan
Penulis Amatir | Mahasiswa FEB UI

eD4peDMolbPS4-sHxYqTX9w3eAbwgUiu.jpg

(Jawaban ini adalah murni pendapat saya ditambah fakta yang terjadi sebenarnya.)

Jelas ada!

Dikatakan bahwa Perang Dunia bukanlah sebuah bualan belaka. Perang Dunia ini memang benar-benar perang yang terjadi di seluruh dunia, atau setidaknya, dirasakan oleh seluruh dunia.

Saat PD II baru meletus (1939, saat Jerman melakukan Blitzkrieg menuju Polandia), status Indonesia sendiri dapat dikatakan masih merupakan jajahan Belanda. Awalnya, PD II merupakan aksi partisi Polandia antara Jerman dengan Uni Soviet, ditandai dengan Pakta Molotov-Ribbentrop. Setelahnya, Inggris dan Perancis mendeklarasikan perang kepada Jerman karena telah melanggar Perjanjian Versailles (perjanjian kekalahan Jerman pada Perang Dunia 1).

Singkat cerita, setelah Jepang ikut serta PD II dengan melakukan penyerangan ke Pearl Harbor, Jepang mulai melakukan ekspansi besar-besaran ke seluruh Asia, salah satunya ialah dengan menjajah Indonesia. Tahun 1942, Indonesia jatuh ke tangan Jepang setelah Jepang menyerang Hindia Belanda (sebutan Indonesia sebelum merdeka). Dimulailah pendudukan Hindia Belanda oleh Jepang.

Awalnya, Jepang dianggap sebagai pengusir Belanda dan pendudukannya disambut baik oleh rakyat Hindia Belanda, tetapi ternyata Jepang menjajah dengan sadis juga, terbukti oleh kerasnya romusha dan penyerahan bahan pokok untuk kebutuhan perang Jepang melawan Sekutu (terutama Amerika Serikat di perang Pasifik)

Lalu apa keterlibatan Indonesia pada PD II? Begini, dari total kematian militer dan sipil di Hindia Belanda saja, menurut data Wikipedia, ada sekitar 3.000.000 sampai 4.000.000 jiwa. Jumlah ini tentunya menghitung mereka yang benar-benar gugur karena berperang, atau bahkan mereka yang gugur karena kejahatan perang Jepang. Kejahatan perang Jepang merupakan kejahatan yang dilakukan tentara Jepang kepada rakyat Hindia Belanda yang memiliki tujuan melancarkan penjajahan atau membantu upaya perang Jepang melawan sekutu, sebagai contoh Pembantaian Mandor.

Memang, ketika melihat peran negara-negara lainnya seperti Amerika Serikat, Uni Soviet, Jerman, Jepang, atau Inggris Raya, peran Indonesia dapat dikatakan kecil. Namun, sekecil apapun peran Indonesia saat itu, kita tidak boleh mengkerdilkan sejarah dan fakta tersebut, karena bagaimanapun juga, 3.000.000 sampai 4.000.000 orang telah gugur sebagai pahlawan karena efek dari perang dunia.

Akhir kata, Perang Dunia II merupakan perang dunia. Ya, perang yang benar-benar terjadi, dan dirasakan oleh seluruh warga dunia, dari skala kecil sampai skala masif. 


(sumber gambar: tripadvisor.com)

257 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Rezdi Luthfan
Penulis Amatir | Mahasiswa FEB UI