selasar-loader

Apa lagu cover (cover song) favoritmu?

LINE it!
Answered Oct 10, 2017

Ma Isa Lombu
Penikmat Budaya

s6GkF2SzBCsQmsKP-4PwDky__KHUlHye.jpg

Pertanyaan inilah yang ditunggu-tunggu. Akhirnya datang juga.

Buat saya, cover song (lagu cover) terbaik bukan saja lagu yang disajikan dengan kualitas yang baik. Buat saya, cover song yang baik adalah cover song yang berasal dari original song yang memiliki kualitas baik dan setelah di-cover memiliki aransemen musik yang baru, lintas genre, dan membuat orang yang mendengarnya memiliki keasyikan yang sama (bahkan lebih) dibandingkan dengan original song yang ada.

A. Frankie Valli - Can't Take My Eyes Off You (1967) 

Lagu ini pertama kali tampil di publik secara komersial dengan genre vintage pop jazz

Lagu tersebut di-cover oleh Boy Town Gang (1982) dengan arransemen baru melody disco a la genre favorit anak-anak muda tahun 80-an.

 

B. Sayang - NDX AKA (2016) 

Meskipun diciptakan oleh Anton Obama tahun 2006 karena patah hati, lagu ini menjadi populer kembali karena dibawakan oleh Via Vallen dengan genre lagu yang sama (dangdut) dan secara mengejutkan, musisi Jogja, NDX AKA yang memiliki genre hip hop dangdut membawakan lagu ini dengan format yang sangat berbeda. Simak!

Lagu tersebut di-cover oleh NY, Audree Dewangga, dan Kenny Febrina (2017) dengan genre pop jazz yang sangat berkualitas.

 

C. Dhyo Haw - Aku Ada di Sini (2014) 

Ketika musik reggae di Indonesia sudah mulai bangkit (kembali) dengan Ras Muhammad sebagai ambassador utama, muncul juga musisi muda kekinian Dhyo Haw yang menurut saya punya selera musik yang baik. Lagu "Aku Ada di Sini" adalah lagu yang melambungkan namanya di jagat musik Indonesia. Saya sajikan lagu ini dengan versi reggae yang original.

Lagu itu lantas di-cover oleh Green Duck Devil yang beraliran pop punk! Luar biasa berbeda!

 

D. Bing Slamet - Nonton Bioskop 

Lagu ini pertama kali dibawa dan dipopulerkan oleh artis lawas Indonesia, Bing Slamet, dengan genre vintage pop. Lagu ini pernah dibawakan oleh oleh Benyamin S. dengan versi arransemen yang tidak jauh berbeda, namun dengan lirik yang dimodifikasi. Yang saya sajikan di bawah adalah versi aslinya, a la Bing Slamet.

Versi tersebut kemudian di-cover oleh Big Wawe yang beraliran Ska. Menyenangkan!

E. Payung Teduh - Akad

Setelah lama tidak mengeluarkan lagu baru, akhirnya Payung Teduh, band yang lahir dari rahim Teater Pagupon FIB Universitas Indonesia ini, mengeluarkan lagu baru yang memiliki aransemen yang agak berbeda dengan lagu-lagu "musikalisasi puisi" yang dikeluarkan di album sebelumnya. Lagu Akad konon merupakan lagu yang diciptakan Is (sang vokalis) untuk sang calon istri, yang sekarang sudah menjadi istrinya. 

Dibawakan dengan genre pop jazzy yang lebih populer, lagu Akad tetap dicintai para pencinta Payung Teduh.

Lagu itu lalu di-cover oleh Guyon Waton dengan genre baru Dangdut Koplo dengan tempo yang lebih rendah. Relaxing!

 

Ajaib, bukan?

302 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Ma Isa Lombu
Pendiri selasar.com | Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia