selasar-loader

Apa yang membuat para mahasiswa atau pemuda sekarang bersikap apatis dengan apa yang ada di sekitar?

LINE it!
Answered Oct 05, 2017

"Bidang seorang sarjana adalah berfikir dan mencipta yang baru, mereka harus bisa bebas dari segala arus masyarakat yang kacau. Tapi mereka tidak bisa terlepas dari fungsi sosialnya. Yakni bertindak demi tanggung jawab sosialnya, apabila keadaan telah mendesak. Kaum intelejensia yang terus berdiam di dalam keadaan yang mendesak telah melunturkan semua kemanusiaan."

"Pilihannya ada dua menjadi apatis atau mengikuti arus tapi aku memilih menjadi manusia bebas."

Mungkin inilah kutipan dari buku Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstan. Tapi melihat keadaan sekarang dan kisah-kisah yang berada di dalam buku tersebut, sepertinya para mahasiswa atau pemuda diharuskan peduli terhadap pemerintah. Maksudnya adalah tidak bersikap apatis. Namun, kenapa sekarang menurutku banyak mahasiswa yang bersikap apatis dengan keadaan sekitar?


Anonymous

Fito yang baik,

ada beberapa alasan yang mendasari pendapat Fito tersebut. 

Pertama, barangkali Fito dikelilingi oleh orang-orang yang memang apatis, padahal ada banyak orang berusia muda yang peduli terhadap sekitarnya. Mereka ada di organisasi-organisasi sosial, mengajar anak-anak jalanan di terminal, atau merawat anggota keluarganya yang sudah renta.

Kedua, barangkali pemahaman Fito terhadap kepedulian mahasiswa dengan kondisi lingkungan, masyarakat, atau (dalam lingkup yang lebih luas) bangsa dibatasi hanya pada demonstrasi. Turun ke jalan. Padahal, pada abad teknologi ini, turun ke jalan bukanlah satu-satunya pilihan. Padahal pula, tugas mahasiswa bukan hanya kuliah dan memantau kinerja pemerintah, melainkan juga menciptakan manfaat kepada masyarakat, baik secara langsung maupun tak langsung. Contoh paling sederhana, saya sering melihat mahasiswa kedokteran memberikan tensi gratis kepada masyarakat pada acara car free day. Bisa juga seseorang yang seringkali kuliah-pulang-kuliah-pulang sedang menciptakan sesuatu yang besar untuk bangsanya, entah menciptakan terobosan teknologi terbaru atau menciptakan kerajaan bisnis demi menolong orang banyak menafkahi keluarganya.

Jadi, mari kita berpikiran positif dan mendoakan mereka. :)

146 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored