selasar-loader

Apakah Anda percaya bahwa saat ini penerimaan CPNS bebas praktik suap dan KKN?

LINE it!
Answered Oct 04, 2017

Proses penerimaan CPNS di Kemenkumham dan Mahkamah Agung sedang berlangsung. Lalu disusul Periode II di mana akan tersedia ribuan lowongan untuk 61 instansi dan 1 Pemerintah Daerah. Menkeu Sri Mulyani sendiri menjamin bahwa proses penerimaan CPNS di Kemenkeu bebas KKN. Stigma bahwa untuk menjadi pegawai negeri sipil orang harus membayar ada di masyarakat. Walau pemerintah sekarang coba menghapus KKN dalam proses tersebut dengan sistem yang baik. Dan didukung oleh pejabat-pejabat yang berintegritas tetapi tidak menutup kemungkinan ada celah yang mungkin dimanfaatkan oleh oknum.


Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

z_MrADQoAV248f98rKJvQA0CQQjLG7P9.jpg

Penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menjadi ajang yang dinanti-nanti, hingga timbul berita-berita hoax terkait hal tersebut. Seperti biasa, jika sudah ada pembukaan penerimaan ASN, diskusi tentang apakah penerimaan yang berlangsung dengan bersih, adil, dan mempunyai kesempatan yang sama untuk semua lapisan masyarakat, ataukah berlangsung sebaliknya, diwarnai dengan proses kecurangan. Agaknya, banyak orang masih pesimistik dengan hal ini, namun saya sebaliknya.

Saya percaya bahwa proses penerimaan ASN saat ini sudah berada dalam jalur yang benar. Boleh dikatakan bahwa sangat sedikit kecurangan yang terjadi, khususnya penerimaan mulai tahun 2010; dilakukan perbaikan di sana-sini hingga seperti sekarang. 

Pengalaman buruk seseorang tidak bisa menjadi generalisasi terhadap proses secara keseluruhan. Saya sendiri merupakan contoh orang masuk dalam suatu lembaga negara tanpa suap. Semua murni dari hasil seleksi, di mana kuncinya satu, yaitu percaya diri.

Untuk dapat percaya diri, tentu setiap pelamar harus datang dengan persiapan yang baik. Banyak orang yang hanya bermodalkan percaya diri, merasa indeks prestasi semasa kuliahnya sangat tinggi dan cemerlang dibandingkan yang lain, padahal orang yang IPK-nya yang lebih dari itu. Ini terjadi pada proses penerimaan di lembaga tempat saya bekerja; ketika menerapkan IPK minimal 3,3 dari 4,0, ada yang protes memiliki IPK 3,5 tapi tidak lolos, sementara para pendaftar dengan IPK 3,7 - 4,0 membanjiri. Hal-hal  seperti ini yang kadang tidak dimengerti oleh sekelompok orang dan langsung melakukan judgment.

Penerimaan CPNS selama dua tahun belakangan sudah terpusat pendaftarannya di Badan Kepegawaian Negara sehingga lebih memperkecil penyimpangan yang mungkin terjadi. Apalagi, tes dilakukan dengan Computer Assissted Test. Soal-soal ujian muncul secara acak dan para peserta dapat langsung melihat nilainya serta membandingkannya dengan orang lain sehingga mereka mampu mengukur diri. Begitu juga dengan tes lain, seperti kemampuan bidang atau wawancara. Jika ingin lolos, Anda harus mempersiapkan pengetahuan dan pemahaman yang terkait dengan lembaga yang dilamar serta posisi yang ditawarkan. 

Banyak orang yang telah diterima menjadi pegawai negeri sipil tanpa menggunakan suap, tanpa memberikan uang kepada oknum-oknum nakal. Maka, persiapkan diri Anda dengan baik. Persiapan yang baik akan membuat Anda lebih percaya diri. Jangan lupa untuk minta doa dari orangtua. Niatkan bahwa Anda akan memberikan pengabdian terbaik untuk negara.   

391 Views
Write your answer View all answers to this question