selasar-loader

Bagaimana perkembangan good governance di Indonesia pada saat ini?

LINE it!
Answered Oct 03, 2017

Shendy Adam
Belajar Politik dan Pemerintahan di UGM (2004-2008)

EFdEB0SBEOaI82y2QVVZsxFqokK3IZzt.png

Konsep good governance mulai ramai didiskusikan khalayak sekitar dekade 1990-an. Di Indonesia sendiri, gagasan ini mendapatkan momentumnya seiring dengan gerakan reformasi yang terjadi mulai 1998 seiring dengan runtuhnya rezim otoritarian Orde Baru. Pertanyaan ini menarik karena mengajak kita melihat kembali apa saja yang sudah terjadi dalam hampir dua dasawarsa ini.

Indikator dari good governance sendiri cukup variatif, tergantung versi lembaga yang merilis. Saya tidak akan mengurai satu per satu indikator untuk menilai perkembangan good governance, namun lebih pada penilaian secara umum saja.

Jika dibandingkan dengan era Soeharto, jelas sudah banyak yang berubah dalam tata kelola pemerintahan di republik ini. Negara sudah tidak lagi menjadi satu-satunya aktor dominan, walaupun harus diakui juga peningkatan peran civil society tidak cukup menggembirakan.

Beberapa prinsip umum tata kelola pemerintahan yang baik, seperti akuntabilitas, transparansi, partisipasi semakin sering kita dengar. Sayangnya, sebagian hanya indah dalam tataran konsep dan seringkali tidak terimplementasi dengan baik sehingga hanya seperti jargon belaka. Tidak usah jauh-jauh. Tanyakan pada diri kita sendiri sebagai warga negara apakah memiliki ruang keterlibatan yang cukup besar dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan publik? Begitu juga soal transparansi dan akuntabilitas; seberapa besar akses kita untuk mendapatkan informasi publik?

Sumber gambar: pixabay

319 Views
Write your answer View all answers to this question