selasar-loader

Apa itu Proyatim?

LINE it!
Answered Sep 25, 2017

dari berbagai macam lembaga sosial yang mengurusi anak-anak yatim, hal apa yang menjadi pembeda bagi Proyatim.


Proyatim
Wadah bagi mahasiswa dalam pembinaan yatim dan dhuafa

Proyatim kelihatannya memang mirip dengan lembaga-lembaga sosial lainnya yang mengurusi anak-anak yatim atau dhuafa. Tapi ada beberapa hal yang menjadi pembeda bagi Proyatim.

Pertama, Proyatim lahir dari beberapa alumni kampus, khususnya UNJ, yang selama ini dikenal dengan kampus pendidikan. Beberapa dari alumni kampus ini berpikiran untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan. Berawal dari sebuah permasalahan yang mendasar dari masyarakat, yakni pemerolehan pendidikan berkualitas yang masih minim dirasakan oleh anak-anak yang tinggal di perkotaan. Padahal permasalahan seperti ini seharusnya tidak ada, apalagi di ibukota. Maka, lembaga sosial ini hadir dari semangat alumni kampus pendidikan dengan mengajak secara aktif mahasiswa-mahasiswa yang memiliki jiwa sosial tinggi untuk mengurusi pendidikan yatim/dhuafa khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

kedua, gerakan yang dijalankan fokus pada penunjangan kebutuhan primer anak, yakni pendidikan. Salah satu program yang dicanangkan oleh Proyatim adalah "Guru Untuk Yatim". Biasanya yang kita tahu, biasanya lembaga yang bergerak membantu anak yatim sering berbentuk charity / baksos atau sistem asrama. Proyatim fokus pada pembinaan akademik anak yatim yang masih tinggal bersama ibu, kakak, nenek, atau saudaranya di rumahnya masing-masing. Caranya dengan memberikan BEASISWA kepada mereka. Bukan berupa uang, melainkan GURU PRIVAT profesional. Maka, dengan program "Guru Untuk Yatim" para anak yatim memiliki guru privat yang datang ke rumahnya tanpa dipungut biaya sepersenpun kepada mereka. Proyatim fokus pada peningkatan kemampuan akademik dan non akademik anak-anak yatim/dhuafa (empowering).

tLeNZ0d3qh3bOEcdsEfo9gcBqZqaMUMt.jpg

Ketiga, Proyatim saat ini memiliki 14 anak binaan yatim dan 10 pengajar privat yang disebut sebagai "Inspirator Muda". Pengajar privat yang dikirimkan kepada anak-anak yatim merupakan hasil dari seleksi yang dilakukan. Pada saat batch perdana pendaftar Inspirator Muda sebanyak 50 mahasiswa dan akhirnya ada 10 orang yang terpilih. Artinya, pengajar privat yang dikirimkan kepada anak-anak yatim merupakan para mahasiswa yang terpilih. Karena mereka tidak hanya mengajar, melainkan juga menginspirasi para anak-anak yatim yang sebelumnya tidak pernah memiliki guru privat. 

Mungkin ketiga hal ini bisa menjadi beberapa pembeda antara Proyatim dengan lembaga sosial lainnya. Akan tetapi kami berpikiran bahwa semua memiliki kontribusi yang sama, yakni untuk memajukan generasi penerus bangsa di masa mendatang. Semoga dari kumpulan mahasiswa atau alumni dan berkolaborasi dengan seluruh masyarakat bisa mendorong dalam terwujudkan generasi emas Indonesia.

Visi dari Proyatim adalah menjadi lembaga sosial profesional dalam pembinaan yatim/dhuafa yang tersebar di berbagai kota. Dengan motto "Membangun Bersama Yatim". Info lebih lanjut bisa dilihat pada akun media sosial instagram @proyatim atau www.proyatim.or.id atau kontak 081316333886 (Reza Indrawan, Pendiri Proyatim)

Semoga menjawab pertanyaannya, terima kasih.

144 Views
Reza Indrawan

Maju terus Proyatim...  Sep 25, 2017

Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Proyatim
Wadah bagi mahasiswa dalam pembinaan yatim dan dhuafa

More Answers from Proyatim