selasar-loader

Apa yang membedakan startup business dengan UMKM rintisan?

LINE it!
Answered Sep 11, 2017

Radhiyan Pribadi
Mawapres Utama FISIP Universitas Indonesia 2017-Rumah Kepemimpinan R1 Jakarta

lQDg693l8g9MaglYHPzIrURNf4bbQwpo.jpg

Dalam sepengetahuan saya, model startup business yang umum digunakan memiliki strategi burnout atau menggunakan modal sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan profit di awalnya. Startup cenderung mengejar user base yang besar, mementingkan growth dan bukan immediate profit. Oleh karena itu, startup umumnya membutuhkan pendanaan yang besar di awal melalui penanaman modal venture capitalist atau angel investor. Startup umumnya dikenal sebagai model bisnis penuh risiko karena tidak ada rencana untuk mendapatkan profit dalam waktu singkat. Hal ini biasanya disebabkan oleh model bisnis mereka yang memanfaatkan teknologi atau hal-hal baru yang belum dikenal luas oleh masyarakat.

Sementara, UMKM rintisan merupakan model bisnis yang biasanya sudah "terjamin" dan menggunakan modal yang lebih kecil. UMKM rintisan umumnya mengincar profit margin dalam waktu dekat, karena mereka harus segera balik modal dan dari keuntungan itulah mereka menyambung kehidupan. Memang jarang terdengar UMKM rintisan mengejar suntikan modal dari kelompok venture capitalist. Akan tetapi UMKM rintisan itu umumnya dimulai dengan modal uang bersama atau tabungan pribadi. 

Bagaimanapun juga, keduanya merupakan upaya yang sama-sama berusaha untuk mendirikan bisnis dan berdiri di kaki sendiri. 

 

Ilustrasi via pixabay.com

237 Views
Write your answer View all answers to this question