selasar-loader

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?

LINE it!
Answered Sep 11, 2017

Mohon memberikan jawaban beserta deskripsinya. Jawaban dengan deskripsi yang panjang (tidak hanya menyebutkan nama) akan sangat diapresiasi dan berpeluang lebih besar disebarkan oleh tim media sosial Selasar.


Radhiyan Pribadi
Mawapres Utama FISIP Universitas Indonesia 2017-Rumah Kepemimpinan R1 Jakarta

ZlvPUyH_pvYjAoZ03qwdd49QwdTaz1HZ.jpg

Saya merasa bahwa Mochtar Riady dan Tanoto Sukanto merupakan dua pengusaha Indonesia yang teramat sangat prominen dan top. Mengapa?

Kalau Anda mau jawaban yang singkat dan sederhana, datanglah ke Hong Kong. Disana ada gedung kantor Lippo Group, perusahaan milik Mochtar Riady. Ya, benar, perusahaan Indonesia, tapi kantornya di Hong Kong. Oh ya, coba sempatkan juga pergi ke National University of Singapore (NUS) Business School, dan Anda akan menemukan Mochtar Riady Building. 

Keberhasilan Riady ini ia dapatkan melalui karirnya di bidang perbankan. Lippo Group juga berkembang pesat ke bidang properti, real estat, dan bahkan edukasi, dengan mendirikan Universitas Pelita Harapan. Dan, ya, termasuk proyek Meikarta, kota "modern" raksasa yang nyempil di antara Jakarta dan Bandung.

Sukanto Tanoto, pemimpin grup Raja Garuda Mas (RGM), memiliki net worth senilai US$1.5 milyar. Grup tersebut terdiri dari perusahaan-perusahaan raksasa, seperti perusahaan kertas APRIL, Asian Agri, Pacific Oil and Gas, dan lain-lainnya. Perusahaan Pacific Oil and Gas bahkan berencana membuat terminal LNG di British Columbia, Kanada. 

Yang membuat saya takjub (atau heran) adalah betapa kecilnya media coverage yang mereka dapatkan. Mereka seharusnya merupakan orang-orang paling berpengaruh di Indonesia, bahkan Asia. Akan tetapi, kita jarang mendengar berita tentang mereka. Saya yakin Anda juga belum pernah mendengar bahwa James Riady, anak dari Mochtar Riady, pernah mendanai kampanye seorang capres. Siapa? SBY? Megawati? Bukan.

Bill Clinton!
Tidak percaya? Cek di sini.

Memang, di balik ramainya pemberitaan media, ada konglomerat-konglomerat Indonesia, yang dalam diam, mempengaruhi banyak hal di Indonesia, Asia, dan bahkan mungkin dunia.

 

Foto via sukantotanoto.sg

349 Views
Write your answer View all answers to this question