selasar-loader

Seperti apa tipe soal yang diujikan pada tes IELTS?

LINE it!
Answered Apr 26, 2017

Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

ielts-test-tutor.jpg

IELTS merupakan singkatan dari The International English Testing System yang merupakan suatu tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang dari negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris dan ingin belajar atau bekerja di negara berbahasa Inggris, khususnya di UK, Australia,dan Canada. IELTS menggunakan sekala 1--9 untuk membedakan kemampuan non user hingga expert. Banyak universitas yang mensyaratkan nilai IELTS minimal 6,5 atau 7 untuk jenjang pascasarjana.

Tes IELTS terdapat dua tipe yaitu General Training IELTS dan Academic IELTS. Academic IELTS biasanya digunakan untuk mereka yang akan belajar di perguruan tinggi atau keperluan registrasi profesional. Pada prinsipnya, baik General Training maupun Academic IELTS mempunyai komponen tes yang sama yaitu Listening, Reading, Speaking, dan Writing. Bagian Listening dan Speaking untuk kedua jenis tes sama, yang membedakan adalah konten Reading dan Writing-nya.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Academic IELTS, sesuai dengan pengalaman saya. Tes IELTS memakan waktu kurang lebih 2 jam 45menit. Tes Listening, Reading, dan Writing berlangsung bersamaan tanpa jeda, sedangkan tes Speaking dapat berlangsung bukan pada hari yang sama. Pengalaman saya pada bulan Agustus tahun 2016, speaking test dilakukan pada malam hari, kurang lebih jam 19.00, setelah pada pagi harinya dilakukan tes listening, reading, dan writing.

Listening test

Listening test dilakukan kurang lebih 30 menit. Tes ini terdiri dari 4 rekaman, yaitu rekaman 1 berupa percakapan dua orang tentang kehidupan sehari-hari, rekaman 2 monolog tentang kehidupan sehari-hari misal suatu fasilitas publik seperti museum, rekaman 3 tentang percakapan lebih dari 2 orang, bisa sampai 4 orang tentang hal yang berbau akademik seperti diskusi antar mahasiswa, dan rekaman 4 monolog tentang akademik juga, misal suatu perkuliahan. Setiap selesai mendengarkan 1 rekaman, para peserta akan diminta menjawab pertanyaan, jawablah sesuai dengan apa yang didengar. Berkonsentrasilah, karena tidak ada pengulangan, rekaman akan berjalan terus. Baca petunjuk pertanyaan dengan cermat, apakah hanya boleh mengisi dengan satu kata atau berupa angka, atau boleh lebih dari satu kata. Cermati juga apakah perlu dijawab dengan bentuk kata tunggal atau jamak.

Reading

Reading test berlangsung selama 60 menit, terdiri dari 40 pertanyaan, pada Academic IELTS terdapat 3 bagian bacaan termasuk teks yang panjang. Gunakan teknik skimming, reading for details jika diperlukan. Pada long text jangan dibaca semua, supaya tidak kehabisan waktu, bacalah satu atau dua kalimat masing-masing paragraf. Cari kata kunci pertanyaan kemudian lakukan skimming pada masing-masing paragraf. Seringkali pertanyaan-pertanyaan berupa parafrasa, jadi cermatilah kata-kata yang mempunyai makna sama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan reading. Dan lagi-lagi bacalah petunjuk pertanyaannya dengan cermat, seringkali peserta tes tidak membaca petunjuk pertanyaannya dan akhirnya salah cara menjawabnya.

Writing

Writing berlangsung selama kurang lebih 60 menit. Ada dua tugas yang harus dikerjakan. Tugas 1 adalah menulis intepretasi dari tabel, grafik, atau gambar, tulislah dalam 20 menit. Dan tugas 2 yang diminta untuk memberikan opini atau pendapat, pernyataan, justifikasi, komparasi, atau evaluasi terhadap pertanyaan atau pernyataan yang disediakan. Sekali lagi, bacalah petunjuknya terlebih dahulu. Maksimalkan waktu 40 menit ini untuk menulis minimal 250 kata. Buatlah mind map apa yang akan Anda tulis terlebih dahulu agar ide-ide yang akan dituangkan koheren dan nyambung. Gunakalah kata-kata penghubung dan jangan mengulang-ulang gagasan, dan pertegas jawaban di akhir, misalnya diminta apakah kita setuju atau tidak terhadap pernyataan yang disajikan? Kalau setuju, pertegas bahwa Anda setuju dan kalau tidak setuju juga demikian.

Speaking

Tidak seperti iBT, speaking pada IELTS dilakukan dengan seorang native speaker. Percakapan ini akan direkam dan berlangsung kurang lebih 11--14 menit. Terdiri dari 3 tahap pertanyaan. Tahap pertama, penguji akan menanyakan tentang kehidupan sehari-hari kita, seperti soal tempat tinggal atau menceritakan diri kita. Jawablah dengan penjelasan kurang lebih selama 2--2,5 menit. Tahap kedua penguji akan memberikan secarik kertas yang berisi topik yang harus kita jelaskan, sama seperti yang pertama jawablah dengan penjelasan selama kurang lebih 2--2,5 menit. Lalu, penguji akan menanyakan 1 atau 2 pertanyaan. Tahap 3 merupakan follow up questions dari tahap 2. Penguji akan mendiskusikan beberapa pertanyaan. Pada tahap ini berusahalah untuk tetap tenang, jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan baik. 

Semoga sukses untuk rekan-rekan yang akan menempuh tes IELTS. Sebelum tes, ada baiknya mengikuti kursus persiapan tes IELTS atau membaca buku-buku dan berlatih mengerjakannya.

Gambar via ieltssingaporetutor.com

427 Views
Write your answer View all answers to this question