selasar-loader

Apa dampak mandi pada malam hari terhadap tubuh manusia?

LINE it!
Answered Apr 26, 2017

Hari Nugroho
Suka single origin kopi Indonesia

Image result for mitos mandi malam

via inafredom.blogspot.co.id

Mandi malam sering dikaitkan dengan penyakit-penyakit tertentu. Dua penyakit yang paling sering disebut terkait dengan mandi malam adalah rematik dan paru-paru basah. Apakah benar demikian? atau hal ini hanyalah mitos belaka?

1. Rematik

Hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa orang yang mandi malam akan mengalami rematik, pernyataan bahwa mandi malam menyebabkan rematik adalah mitos belaka. Rematik dalam bahasa kedokteran merupakan suatu radang sendi. Radang sendi ini sendiri penyebabnya bermacam-macam. Rheumathoid artrithis misalnya, penyakit ini merupakan penyakit autoimun, bukan disebabkan karena mandi malam. Penyakit autoimun disini maksudnya adalah penyakit yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menjadi benteng justru menyerang sel-sel tubuh sendiri yang sehat. 

Para penderita rheumathoid arthritis ini akan mengalami kerusakan pada sinovium, yaitu bagian sendi yang berfungsi untuk memberikan pelumas supaya sendi mudah bergerak. Penderita akan mengalami gejala-gejala seperti nyeri dan bengkak pada sendi jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku, bahu, lutut dan pergelangan kaki. Pada umumnya nyeri dan bengkak ini pada sendi-sendi kecil dan sifatnya simetri, misalnya yang terasa nyeri adalah sendi jari-jari kedua tangan. Radang sendi ini merupakan peradangan yang sifatnya lama / kronis. Jika tidak ditangani dengan baik penderita rheumatoid arthritis ini dapat mengalami kecacatan yang berdampak pada kualitas hidup si penderita.

2. Paru-paru basah

Di dalam dunia kedokteran, yang dimaksud paru-paru basah ini adalah terdapatnya cairan pada organ paru atau lebih tepatnya di pleura, sehingga dikenal dengan nama efusi pleura. Sama seperti pada rematik, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mandi malam dapat menyebabkan penyakit ini.

Adanya cairan di pleura ini disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah pada orang yang mengalami gagal jantung, penyakit liver dan ginjal, Kanker, Infeksi seperti TBC atau pneumonia, penyakit autoimun seperti Lupus atau Rheumathoid Arthritis, atau karena emboli pulmonary, yaitu suatu kondisi blokade pada satu pembuluh darah arteri di salah satu paru-paru.

Jadi mandi malam sebenarnya tidak mengapa, pada orang-orang yang tidak tahan dingin, dapat mandi menggunakan air hangat. Mandi malam sebelum tidur juga dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami gejala susah tidur, dan termasuk dalam upaya memperbaiki sleep hygiene.

557 Views
Write your answer View all answers to this question