selasar-loader

Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran VOC?

LINE it!
Answered Sep 07, 2017

Menurut Peter H. van der Brug, VOC adalah perusahaan terbesar Belanda sekaligus perusahaan multinasional pertama pada abad ke-17 dan ke-18. Apa yang kemudian menyebabkan kemundurannya sehingga wilayah koloni perusahaan ini diambil alih pemerintah Belanda?


Zulfian Prasetyo
Penikmat sejarah

eNawIMeTldN1zE_XRIIOXz42J77bRryC.png

Saya melihat kemerosotan VOC dimulai pada abad ke-18 dan dikaitkan dengan bermacam-macam faktor yang sebagian besar bermuara pada itikad baik yang kurang dari para stakeholders perusahaan terbesar pada eranya ini. Salah satu faktor yang diungkap oleh sejarawan Peter H. van der Brug ialah mahalnya ongkos pengapalan dan administrasi kewilayahan.

Namun, tidak dapat ditampik pula bahwa birokrasi dan manajemen VOC pada awal 1700-an tergolong buruk, ditandai dengan pembukuan yang tidak jelas dan pembagian dividen yang terlalu tinggi. Padahal, alih-alih membagikan dividen dalam jumlah tinggi kepada shareholders, VOC bisa mengalokasikan uangnya untuk menambal kenaikan ongkos pengapalan dan administrasi kewilayahan.

Van der Brug juga menyebutkan perihal peningkatan korupsi dan perdagangan pribadi para pegawai VOC. Hasilnya, keuntungan VOC anjlok dan hutangnya membengkak sesudah 1730.

Selain faktor-faktor manajerial (dan lemahnya itikad baik untuk berbenah), perang juga menjadi faktor bencana lainnya. Ada Perang Inggris-Belanda Keempat yang terjadi pada 1780-1784. Pada 1795, VOC beserta segala aset dan hutangnya yang 120 juta gulden itu dinasionalisasi Republik Batavia (Bataafsche Republiek). Efeknya sampai hingga Nusantara; koloni-koloni VOC di sini berkembang menjadi Hindia Timur Belanda atau biasa kita sebut sebagai Hindia Belanda.

 

Ilustrasi via huiberts.info

256 Views
Write your answer View all answers to this question