selasar-loader

Apa yang terjadi jika Amerika Serikat menghukum mitra dagang Korea Utara?

LINE it!
Answered Sep 06, 2017

Presiden Trump berniat akan menghukum semua negara yang masih berbisnis dengan Korut dengan cara menghentikan perdagangan AS dengan negara-negara tersebut. Apa yang terjadi jika kebijakan ini benar-benar direalisasikan? Akankah kebijakan AS efektif?


Nur Fadhilah
Penulis Lepas

MmO8zFNDqiJ4FouSVJRGGwK1v1yTX-Nh.jpg

Gambar via theatlantic.com

Dunia lagi-lagi dikejutkan dengan langkah Donald Trump atas serangan uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara. Polemik antara kedua negara ini seakan terus berlanjut hingga akhirnya Trump mengeluarkan suatu putusan bernada ancaman yang mencakup hubungan secara global. Upaya internasional yang belum berhasil menahan ambisi nuklir Korea Utara membuat Trump tak hanya 'menghukum' Korut. Negara-negara yang memiliki hubungan dagang dengan Korut pun terkena dampaknya.

RBs3bU82ME-tCU8pwrzb4D_o9K3iYq94.jpg

Gambar via cnn.com

Trump berniat untuk menghentikan hubungan dagang AS dengan negara-negara yang masih melakukan bisnis dengan Korut. Dilansir dari Kompas.com, negara-negara yang memiliki hubungan dagang dengan Korut di antaranya Cina, Rusia, India, Pakistan, SIngapura, Jerman, Portugal, Prancis, Thailand, dan Filipina. 

tW8i4WmlOafRmX2SvsyJ1zjai9kh2cc5.jpg

Gambar via huffingtonpost.com

Tindakan Trump ini mendapat reaksi dari Cina. Cina menjadi negara yang digadang-gadang mampu mengendalikan situasi demikian. Hal ini disebabkan oleh Cina merupakan salah satu negara yang menjadi konsumen, sekaligus penyuplai terbesar bagi Korea Utara (Pyongyang). Cina (Beijing) melakukan transaksi pembelian batu bara dan mineral dari Pyongyang. Sebaliknya, Cina menjadi negara penyuplai makanan dan bahan bakar lain yang menjadi kebutuhan pokok rakyat Korut. Sementara dengan AS, Cina menjadi rekan bisnis terbesar negeri Paman Sam tersebut.

Menurut hemat saya, jika Trump benar-benar ingin memutus hubungan dagang dengan negara-negara yang berbisnis dengan Korea Utara, tentu akan berdampak besar terhadap Cina. Tidak hanya Cina, kiranya tepat jika dikatakan kalau persoalan ini juga akan berdampak pada perekonomian global. Hal ini disebabkan oleh segala hal yang berhubungan dengan Cina, khususnya bidang ekonomi, akan berpengaruh terhadap kondisi secara global.

325 Views
Write your answer View all answers to this question