selasar-loader

Bagaimana cara menghilangkan penyakit hati dari dalam diri manusia?

LINE it!
Answered Sep 05, 2017

El Hakim Law
Founder Lingkar Studi Islam & Kepemimpinan (@larsik.id)

Menghilangkan penyakit hati sama dengan menghilangkan penyakit fisik. Jika fisik perlu terus dilatih agar tetap sehat begitu pula hati. Jika fisik perlu dijauhkan dari segala yang membahayakan atau meningkatkan risiko sakitnya, begitu pula hati. Fisik perlu asupan gizi, begitu jua hati.

Sudah ada banyak buku yang sangat ciamik dalam mengulas soal hati diulas oleh imam salaf seperti Imam Ahmad, Ibn Taimiyah, Ibn Katsir hingga Imam Ghozali yang masih sagat relevan dibaca kembali di era moderen yang inti utamanya adalah hati merupakan unsur manusia yang memerlukan prioritas dijaga lebih besar dari fisik karena ia tak nampak sebagaimana fisik dan sangat mudah berbolak-balik serta determinasinya di tangan Allaah.

Maka diantara bentuk termudah untuk menjaga hati adalah terus menerus ingat (dzikir) kepada Allaah dimana saja da kapan saja (dan ini diantara hikmah diajarkannya do'a di hampir segala urusan minimal dengan basmalah), melakukan kewajiban hingga mengakhiri malam dengan refleksi dan purifikasi.

168 Views
Write your answer View all answers to this question