selasar-loader

Mengapa mahasiswa lebih banyak menggunakan Line daripada Whatsapp?

LINE it!
Answered Sep 04, 2017

Rasya Swarnasta
mahasiswa yang mengamati perilaku mahasiswa.

58BvdQg1FE5-7WbFQTBNLji8JEz8opCW.jpg

  • Lebih praktis. Kalau kita mau meninggalkan pesan untuk seseorang, cukup add saya ID LINE orang itu sebagai teman, dan kirim pesan. Di WhatsApp tidak segampang itu (dan kalaupun ternyata saya salah, setidaknya WhatsApp meninggalkan kesan bahwa cara mereka tidak segampang itu). Kita harus menambahkan orang itu di kontak, lalu refresh, lalu baru meninggalkan pesan.
  • Tampilan LINE lebih menarik. Oh, tentu ini subjektif. Tapi menurut pandangan saya, sasaran LINE sejak awal memang untuk anak-anak muda; atau apabila LINE tidak bermaksud begini, setidaknya ini yang terjadi di Indonesia. WhatsApp lebih populer untuk grup keluarga besar (lol) dan mungkin grup kelas yang baru saja dibentuk; misalnya para alumni SMA angkatan 90-an ingin membuat grup, biasanya mereka cenderung memilih WhatsApp.
  • LINE lebih banyak digunakan. Tentu ini barangkali tidak pantas menjadi alasan, tapi nyatanya kita bisa memasukkan faktor ini karena yang ada di lapangan memang seperti itu. Misalnya saja, karena komunitas kerohanian lebih memilih WhatsApp ketimbang LINE, dan mahasiswa yang baru bergabung akan (terpaksanya) mengikuti arus dan membuat akun WhatsApp. Tapi karena dalam lingkungan mahasiswa yang lain kebanyakan memakai LINE, ya, tren inilah yang akan terus bertahan dan diikuti mereka-mereka yang baru jadi mahasiswa semester ini.
  • Lebih dekat dengan Official Account universitas mereka. Di LINE, ada yang namanya OA (Official Account). Ada kaitannya dengan faktor sebelumnya; karena LINE lebih banyak digunakan, mahasiswa yang mempunyai pengaruh memanfaatkan fitur OA LINE untuk membuat akun ofisial universitasnya. Hal ini membuat mahasiswa yang baru masuk otomatis lebih memilih LINE agar bisa mengikuti informasi-informasi yang disampaikan melalui OA.

Ilustrasi via pixabay

104 Views
Write your answer View all answers to this question