selasar-loader

Apakah novel-novel yang sebelumnya telah dipublikasikan melalui Wattpad sudah pasti memiliki jalan cerita yang bagus?

LINE it!
Answered Sep 03, 2017

Rasya Swarnasta
kalau masih bahagia, itu bukan akhir cerita.

Sebelumnya saya mau bilang dulu, kalau bagus itu subjektif. Akhir-akhir ini, seperti yang kita lihat, banyak penulis-penulis novel Indonesia "jebolan" Wattpad (wattpad.com), dan hal itu berlaku dua arah karena banyak pula penerbit-penerbit yang mencari bahan untuk diterbitkan di Wattpad. Apa yang dilakukan oleh penerbit bisa kita sebut dengan mencoba memenuhi selera pasar para pembaca novel anak muda, yang tren sekarang isinya kebanyakan tentang (atau salah satu dari):

  • Romansa kehidupan SMA
  • Cinta segitiga yang datang dari dua arah; ada laki-laki yang menyukai gadis tokoh utama dan ada juga gadis yang menyukai laki-laki tokoh utama
  • Tokoh laki-laki berandalan (bad boy)
  • Tokoh gadis anak baik-baik
  • Love-hate relationship
  • Seting dimulai awal masuk sekolah, atau salah satu tokoh utamanya jadi murid baru
Kalau tema yang menarik di pasaran adalah tema yang seperti saya sebutkan, ya, apa boleh buat; karena saya lihat juga kenyataannya begitu. Plotnya tidak akan jauh-jauh dari poin yang saya sebutkan; atau setidaknya poin pertamanya terpenuhi, tentang kisah-kasih romansa di kehidupan SMA. Yang terus terang saja, saya tidak suka karena bagi saya itu tidak nyata, jadi, yah, saya tidak mengatakan jalan ceritanya bagus.
 
Bukannya saya menyalahkan plot cerita yang seperti itu. Tapi semuanya kembali pada selera.

365 Views
Write your answer View all answers to this question