selasar-loader

Bagaimana langkah kita untuk membantu muslim di Rohingya?

LINE it!
Answered Sep 03, 2017

Dan apa yang mesti kita lakukan agar pemerintah Indonesia dapat memaksa pemerintah Myanmar untuk menghentikan kekerasan ke muslim Rohingya?


El Hakim Law
Founder Lingkar Studi Islam & Kepemimpinan (@larsik.id)

sYAWzPvrZmKiIFUSYVO8ZM_U5k8qa-Zy.jpg

Terdapat banyak potensi pendekatan untuk membantu dalam mengurangi derita muslim Rohingya, baik secara finansial, diplomatis, represif, maupun transendental. Secara finansial, contohnya, melalui pengiriman bantuan berupa harta melalui NGO yang terpercaya dan profesional.

Support diplomatis juga bisa diusahakan melalui upaya mendesak pemerintah RI maupun dubes Myanmar untuk Indonesia agar menghentikan kekerasan sekaligus menginisasi rekonsiliasi, termasuk melakukan propaganda populis agar rakyat Indonesia bisa memahami dan mendukung perdamaian di Rohingya.

Tindakan represif tentu memerlukan siasat dan strategi yang khusus, taktis, serta bercorak gerilya dalam infiltrasinya. Pendekatan represif-revolusioner merupakan pendekatan fisik terakhir dan pamungkas jika kedua upaya sebelumnya gagal mencapai hasil yang memuaskan, yakni perdamaian bagi etnis muslim Rohingya. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh gerakan yang memiliki kemampuan militer.

Adapun pendekatan transendental merupakan pendekatan yang harus ada di awal, di tengah dan di akhir setiap upaya sebelumnya. Doa sebagai senjata seorang yang beriman telah sedikit banyak memberikan keampuhannya dari jalan yang tak terduga-duga yang tentu syarat dan ketentuannya berlaku seperti usaha yang maksimal, ikhlas, tawakkal, hingga aspek lain yang mendukung dikabulkannya doa. Pendekatan terakhir inilah yang menjadi usaha determinan sekaligus bukti paling minimal dukungan untuk muslim Rohingya. Jika berdoa saja enggan, apa yang bisa diharapkan?

 

Ilustrasi via flickr.com

195 Views
Write your answer View all answers to this question