selasar-loader

Apa Kuliner Nusantara paling enak yang pernah kamu cicipi?

LINE it!
Answered Sep 03, 2017

Ibnu Zubair
Menolak tua dengan rutin tertawa

-7qT2fNWpawvtIBq3JBr_fBt7k4nVqaG.jpg

sumber foto: resep-makanan-2013.blogspot.co.id

Namanya Sepat, masakan ini khas Sumbawa. Sekalipun saya bukan orang Sumbawa, tapi makanan ini menjadi makanan yang paling enak yang pernah saya cicipi. Sepat sejenis Pecak di Depok, hanya untuk Pecak menggunakan ikan yang dibakar atau di goreng. Sedangkan Sepat, ikannya harus di bakar. 

Pecak dan Sepat memiliki rasa kuah yang hampir sama, hanya Sepat lebih enak di lidah, karena aromanya terasa menyengat sejak dihidangkan. Apalagi ikan bakar yang menyertai Sepat juga segar-segar, kata pedagang ikan, ikan segar itu yang matinya baru sekali, bukan berkali-kali. Dengan ikan yang segar rasa Sepat akan semakin sempurna. Padu padan daun kemangi dengan terong ungu bakar dalam siraman kuah Sepat, sukses membuat penikmatnya ketagihan. Sementara Pecak lebih kuat aroma jahenya, dan ini tidak umum rasanya, hanya beberapa orang yang suka Jahe yang akan mengatakan enak, sedangkan lainnya meminta untuk tidak dihidangkan atau  memilih menu lainnya. 

Saya belum menemukan masakan Sepat di Jakarta, kalau saya sedang ingin mencicipi masakan tersebut, saya akan membuatnya sendiri. Namun sepat asli Sumbawa, hanya enak jika dimakannya langsung di Sumbawa. 

Soal bagaimana bentuk dan resep dari Sepat, silahkan berselancar di dunia maya, sudah banyak yang menulis tentang Sepat.

276 Views
Write your answer View all answers to this question