selasar-loader

Mengapa Belanda sering dijadikan negara rujukan untuk kuliah jurusan hukum?

LINE it!
Answered Aug 31, 2017

Ibnu Zubair
Menolak tua dengan rutin tertawa

a7TXRZr8w8tO_c3nnnpLWw3xBgfZ3pYg.jpg

sumber foto: uq.edu.au

salah satu cabang ilmu yang paling dirujuk dalam dalam ilmu hukum, adalah sejarah. dalam berbagai pembahasan tentang peraturan perundang undangan, bahkan dalam narasi suatu peraturan perundang undangan, kita melihat adanya bagian menimbang dan mengingat, yang berisi berbagai sumber hukum yang dirujuk untuk membuat suatu peraturan perundang undangan. pada bagian tersebut penglihatan suatu produk hukum sebelum diundangkan terlebih dahulu menoleh ke belakang kepada aturan yang sebelumnya.

begitu pula dalam penyusunan naskah akademik, terdapat landasan filosofis yang sangat lekat dengan prinsip prinsip awal terbentuknya atau munculnya gagasan untuk membuat suatu peraturan perundang undangan.

dengan demikian, hukum selalu menghargai pemikiran dan peraturan yang lebih dahalu ada. dalam karya karya ilmiah di bidang hukum pun demikian, semakin langka rujukan seorang peneliti di bidang hukum, maka semakin baik pula penelitian tersebut. tidak demikian dengan penelitian di bidang lainnya, selalu menghadirkan kebaruan.

prinsipnya, lebih dahulu hadir perbuatan, barulah ada hukum. alasan alasan tersebut diatas setidaknya mempengaruhi, mengapa mempelajari hukum berkiblat ke belanda.

belanda adalah negara penjajah yang paling lama bercokol di indonesia. selama masa pendudukan belanda tersebut, banyak peraturan yang telah dibuat, sistem sistem dibidang kenegaraan dan kemasyarakatan terbentuk ketika belanda masih memerintah di indonesia. maka, ketika indonesia merdeka produk belanda tidak serta merta di hilangkan, malah justru dipertahankan.

itulah mengapa, kita selalu merujuk ke belanda. karena memang merekalah yang memulai sistem kita, yang kini telah berkembang. tapi silsilah sistem tidak bisa dihapus begitu saja, dia melekat dan akan terus ada. 

265 Views
Write your answer View all answers to this question