selasar-loader

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

LINE it!
Answered Aug 31, 2017

Okky Tria Kurniadi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM

Ada beberapa aspek yang harus dicermati terkait adanya kebijakan bebas visa yang dilakukan oleh beberapa negera.Sedikitnya ada 2 aspek dominan yang memprakarsai diberlakukannya bebas visa pertama aspek politik, kedua ialah aspek ekonomi
Secara politis kebijakan luar negeri akan mempengaruhi hubungan bilateral antara kedua negara. hubungan bilateral itu melemah dan menguat seiring dari tingkat menguntungkannya kebijakan itu terhadap negera lain. Kebijakan bebas visa tidak akan terlalu berpengaruh pada negara-negara kecuali seperti pembuatan surat-surat kelengkapan, pajak, dll. tapi yang paling menerima keuntungan itu ialah warga negaranya. Namun, dengan adanya intensitas tinggi dari tentu membuat negara tersebut akan berpikir dua kali untuk membuat konflik karena secara longterm (secara ekspektasi) akan menjadi rutinitas untuk berkunjung ke negara tersebut.

Aspek kedua adalah aspek ekonomi, dalam aspek ekonomi perlu dibagi menjadi dua bagian dampak secara long-term dan shiort-term. Secara short-term tentu akan merugikan negara karena mengurangi pendapatan dari kepengurusan visa, dan kekrugian itu tentu tidak sedikit. sedangkan secara long-term kebijakan bebas visa dapat mempercepat arus ekonomi dalam negeri. logika sederhananya ketika ada banyak dollar yang masuk ke negara tersebut, hal itu akan mempercepat arus jaul-beli barang dan jasa. dan dampak tersebut akan mempengaruhi jumlah kebutuhan akan barang dan jasa tersebut menjadi naik hingga dapat diproyeksikan dapat membuka lapangan pekerjaan baru dengan tingkat ekonomi yang telah membaik pula.

330 Views
Write your answer View all answers to this question