selasar-loader

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

LINE it!
Answered Apr 25, 2017

Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

covBT-526.jpg

 

Banyak bacaan yang sebenarnya menginspirasi saya, namun rata-rata lebih ke buku-buku non fiksi, kebanyakan suatu biografi atau kumpulan essay. Namun demikian saya juga membaca novel-novel, mulai cerita-cerita lucu dan kocak Lupus, cerita mallory towers, hingga novel-novel karya mira w. Ada beberapa novel yang paling berkesan untuk saya, dua diantaranya adalah novel Jepang yang diterjemahkan, yaitu :

1. Habibie dan Ainun

Buku ini sangat berkesan untuk saya, beberapa bab ceritanya seakan mirip dengan kisah hidup yang saya alami, misalnya soal Ainun yang satu SMA dengan Habibie, itu mirip sekali dengan kisah saya dan istri. Buku ini juga menginspirasi saya untuk terus semangat belajar, mengejar cita-cita saya hingga ke luar negeri, dan bagaimana tetap hidup secara sederhana. Dan yang paling berkesan adalah untuk menjadi seorang ahli itu tidak mudah, diperlukan semangat pantang menyerah, kegigihan, dan tahan banting, mungkin memang benar pernyataan bahwa kesuksesan diawali dengan kesengsaraan.

2. Saga No Gabai Bachan (Nenek Hebat dari Saga)

Cerita yang sangat mengesankan dari perang dunia 2, pasca Hiroshima dan Nagasaki yang di bom. Tokohnya Akihiro Tokunaga, terpaksa tinggal bersama neneknya yang miskin, setelah ayahnya meninggal dunia terkena radiasi bom atom. Kehidupan miskin yang dialami oleh keluarga Tokunaga ini tak menjadikan mereka bermuram durja, namun mereka tetap menjalani hidup dengan semangat, dengan ceria berkat kecerdikan dan kreativitas sang Nenek. Dari buku ini saya belajar untuk selalu bahagia dan ceria, kebahagiaan dan keceriaan tidak hanya diukur dengan banyaknya materi atau harta yang dipunya, kebahagiaan datang karena diri sendiri, bagaimana kemudian mencitrakan bahagia di otak dengan hal-hal yang mudah dan tidak berputus asa. Seperti kata anak jaman sekarang : "bahagia itu sederhana, jangan lupa bahagia".

3. Toto Chan : Gadis Cilik di Jendela

Toto Chan mengajarkan saya untuk bisa berekspresi dan bagaimana terus belajar dengan riang gembira. Saya membayangkan jika sekolah dasar di Indonesia cara mengajarnya sebagaimana yang diceritakan dalam Toto Chan, barangkali tidak ada anak sekolah dasar yang enggan untuk berangkat sekolah. Seperti yang kita ketahui bersama, beban anak sekolah dasar kadang-kadang bikin geleng-geleng kepala, sekolah seolah menjadi beban, bukan suatu kegiatan yang menyenangkan, padahal sekolah dasar itu adalah pengalaman penting supaya bisa terus bersemangat untuk maju, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, tak hanya bagaimana menanamkan pengetahuan yang bersifat kognitif saja.

4. Negeri Van Oranje

Saya tidak tahu mengapa begitu suka dengan novel ini, bisa jadi bias karena saya pernah mengalami belajar di Amsterdam. Yang jelas novel ini membangkitkan kenangan mengenai Belanda, ketika membaca novel ini, saya seolah-olah kembali terbang dan menikmati keindahan Belanda, kanal-kanalnya, kincir angin, sepeda, bahkan kereta, trem bahkan ov-chipkaart, kartu yang digunakan untuk mengakses moda transportasi umum.

Tentu saja novel ini juga menginspirasi saya untuk terus belajar. Tokoh-tokohnya yang masing-masing berjuang untuk menyelesaikan kuliahnya, atau bahkan harus kerja sambilan demi bertahan hidup.

Keempat novel tersebut menginspirasi saya untuk terus menggapai mimpi, belajar tak kenal lelah hingga ke seluruh dunia. Tak ada yang tak mungkin jika kita terus percaya dan berusaha.

 

Saktinya masa muda. Semua pintu kesempatan dan kemungkinan masih terbuka lebar dan terhampar luas. Ibarat slogan Adidas : Impossible is nothing”.  Negeri Van Oranje (273)

 

(ket.gambar : mizanstore.com)

 

 

 

 

355 Views
Write your answer View all answers to this question