selasar-loader

Mengapa PSI tidak mau memiliki kader yang sebelumnya pernah memiliki pengalaman di dunia politik? Bukankah pengalaman, kompetensi dan idealisme menjadi kunci agar bisa sukses dan bertahan di dunia politik?

LINE it!
Answered Aug 30, 2017

Untuk bisa sukses berkarier di bidang politik, idealisme dan kompetensi tidaklah cukup. Tetapi, pengalaman dalam berpolitik pun juga menjadi syarat untuk bisa sukses berkarier di bidang politik. Oleh karena itu, jika sebuah partai baru ingin sukses berpolitik, maka partai tersebut semestinya menerima kader yang sebelumnya berpengalaman di dunia politik.


Tsamara Amany
Aktivis Media Sosial dan Perempuan

eXgbkzSZusei5WKQiuCuv3lTEPN3IF6f.jpg

Kita mau kok punya anggota. Anggota itu bebas. Sebenarnya, anggota dari partai politik mana pun yang ingin jadi anggota kita boleh juga. Yang nggak boleh itu adalah menjadi pengurus.

Pengurus itu juga usianya maksimal 45 tahun. Kenapa? Pertama, agar terjadi regenerasi. Kedua, PSI ingin betul-betul memberikan kesempatan bagi anak-anak muda yang belum pernah terjun ke dunia politik. Anak-anak baru, anak-anak muda, yang memang punya semangat perubahan. Kita ingin orang-orang yang masuk ke sana adalah orang-orang yang belum tercemar sama sekali. Anak-anak yang belajar bersama dalam suatu proses, tetapi toh dengan belajar dalam proses ini, kita belajar sesuatu yang baru. Kita adalah satu-satunya partai politik yang lolos verifikasi Kemenkumham. Kita juga saat ini sudah punya 350 ribu anggota. Artinya, dengan anak-anak muda ini, kita mulai menciptakan sejarah baru.

Ya ini kan sama saja sih sebenarnya dengan yang dilakukan oleh Emmanuel Macron dengan En Marche!-nya. En Marche! misalnya 50 persen yang masuk ke dalam DPR-nya Prancis itu kan mayoritas sekarang partainya Macron. Baru berdiri 14 bulan. Yang masuk ke sana itu rata-rata bukan orang yang pernah masuk ke dalam politik. Tadinya background-nya ada yang dokter, ada yang fireman, ada yang guru, dan lain sebagainya. Mereka berhasil memimpin itu sampai The Economist menyebutnya Revolusi Perancis yang kedua. Keren banget! Nah, kita di PSI ingin menerapkan itu, sih, kira-kira.

Oh, iya. Kalau misalnya di dewan pembina kan bisa saja orang-orang yang masuk politik. Memang betul, pengalaman itu penting. Jadi nanti dengan teman-teman kita di dewan pembina yang pernah masuk di dunia politik, yang mungkin dari partai-partai lain, kita kan juga bisa diskusi dengan dewan pakar juga, bisa diskusi pengalaman, tapi kita tetap ingin memberikan kesempatan ini untuk anak-anak muda.

 

300 Views
Nia Alprilia

It is Great. waktunya anak muda berkarya, membericontoh berpolitik yang lebih baik, lebih bersih dan semngat berkontribusi untuk negeri :)  Sep 3, 2017

Venusgazer E P

Semoga PSI berjaya..thanks dah share  Aug 31, 2017

Rosiana

Nice answer, Mbak. Jadi menambah wawasan baru tentang politik. Thanks Mbak Tsamara...  Aug 30, 2017

Write your answer View all answers to this question