selasar-loader

Apa yang menyebabkan Anda suka menulis?

LINE it!
Answered Aug 29, 2017

Hasil gambar untuk menulis

via http://www.si-pedia.com/ (SUM)


Pepih Nugraha
Kecanduan menulis sejak usia dini, sejak saat umur 10 tahun sampai sekarang

Dz21PbhkR13qh5v4mvL6TxSjs-x3zLcv.jpg

Keresahan. Ya, bagi saya menulis itu karenanya adanya keresahan dalam diri sendiri. Resah mengapa perekonomian rakyat tak kunjung baik, resah mengapa sampah masih menggunung di lingkungan saya tinggal, resah mengapa anak tidak mau sekolah, dan sejumlah keresahan lainnya. Kersehan inilah menghasilkan sejumlah tulisan.

Pada masa lalu, keresahan ini kerap saya ungkapkan dalam tulisan di catatan harian. Dalam beberapa seri buku catatan harian yang saya punya, ada varian buku yang menggunakan kunci, sehingga tidak setiap orang bisa membaca catatan saya. Hanya saya si empunya buku dan tulisan yang berhak membacanya, sehingga kunci catatan harian itupun saya simpan secara rahasia. 

Berbeda dengan zaman sekarang di mana setiap tulisan diumbar di media sosial atau blog. Setiap orang boleh membacanya, tidak ada lagi hal yang dirahasiakan. Bahkan keresahan hati akibat diputuskan pacar pun bisa diungkap dan disebarkan. Kini tidak ada lagi kunci di mana tulisan kita tidak boleh dibaca orang lain. Semuanya serba "openbaar", serba terbuka.

Selain motivasi ekonomi (karena menulis menghasilkan uang) dan kehidupan, motivasi menulis sekarang ternyata agar tulisan bisa dibaca orang, tidak peduli dibayar atau tidak. Media sosial dan blog membuka peluang itu. 

211 Views
Write your answer View all answers to this question