selasar-loader

Di mana kamu indekos selama kuliah di Yogyakarta? Apa alasan di sana?

LINE it!
Answered Apr 24, 2017

Via mamikos.com

Di daerah mana kamu ngekost selama kuliah di Yogyakarta? sebutkan alasanya :)


Burhannudin Alwi
Mahasiswa Hukum

-LGEa0F0oOtu4JAdpCNhOjn414LYmI_y.jpg

Sebelumnya perkenalkan, saya Alwi, mahasiswa sarjana fakultas hukum Universitas Gadjah Mada. Jika yang dimaksud indekos adalah tinggal di suatu kamar yang menjadi satu bagian atau berada di dalam induk rumah pemiliknya atau di sebuah kamar dengan pintu langsung menghadap halaman yang berjejer dengan kamar lain serta terpisah dari rumah pemiliknya dengan sistem pembayaran sewa perbulan atau pertahun atau rentang waktu tertentu, maka jawabannya adalah saya belum pernah (jika di kemudian hari saya memutuskan ngekos-sesuai pengertian ngekost yang saya maksud di awal). Namun, jika indekos yang dipahami adalah tinggal di suatu tempat dengan waktu tertentu dan skema (bayar atau gratis) apapun, maka saya bisa menjawabnya.

Selama kuliah di Yogyakarta, ada dua tempat yang pernah menjadi 'rumah" indekos saya. Pertama, di rumah budhe. Berjarak sekitar 4 km dari kampus, saya, seusai mendapat pengumuman penerimaan mahasiswa baru, ditawari oleh Budhe untuk menetap di rumahnya selama kuliah. Saya mengiyakan tawaran tersebut. Dengan akses ke kampus yang mudah serta fasilitas di rumah budhe yang menurut saya lebih dibanding yang ada di rumah saya sendiri dan ditemani sepupu-sepupu yang diantaranya adalah mahasiswa dan pelajar, saya senang dan nyaman tinggal di sana. Alasan lainnya, tentu saja, gratis. Saya menetap di rumah tersebut selama 3 semester.

Berikutnya, di semester 4 hingga semester 8 awal, saya tinggal di pondok pesantren khusus mahasiswa. Pondok Pesantren Budi Mulia Yayasan Shalahuddin, lengkapnya. Sebentar, jika anda mengira kegiatan di pondok pesantren ini mirip dengan pondok pesantren yang jamak dipahami orang, tunggu dulu. Tidak ada kegiatan mengaji-membaca kitab dalam bahasa Arab, perkuliahan dari kiai atau pengajar yang ketat dari pagi hingga akhir malam. Tidak ada. Kegiatan perkuliahan tetap ada dengan waktu yang tidak bertabrakan dengan jam kuliah di kampus masing-masing mahasiswa. Perkuliahan dijadwal selepas salat subuh hingga pukul enam pagi dan sebakda salat isya hingga pukul 9 atau tergantung pengajar (ustad) yang bersangkutan. Berlokasi 7 km arah utara kampus UGM atau 3 km dari rumah budhe, saya memantapkan tekad untuk menetap di pondok tersebut seketika ada pendaftaran. Alasannya, saya ingin mendapatkan pengalaman dan ilmu lain. Terletak di dekat area perumahan dan suasana yang asri, menurut saya, pas jika ingin mencari ketenangan. Ketenangan batin dan ragawi. Tentu saja, pada waktu itu, selama saya indekos di pondok Budi Mulia tidak dikenakan biaya sepeserpun. Alias gratis. Hanya dibebankan biaya tarif listrik jika ingin tetap menyala.

#SayembaraSelasar

 

sumber gambar : blogspot.com

423 Views
Write your answer View all answers to this question