selasar-loader

Bagaimana cara yang paling efektif untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menabung dan bertransaksi di Bank Syariah?

LINE it!
Answered Aug 26, 2017

1. Pertanyaan ini ditujukan untuk memenuhi tugas seluruh peserta dalam rangkaian Orange FEM 2017 (wajib) yang berasal dari Departemen Ekonomi Syariah

2. Jawaban pertanyaan berbentuk esai 300-500 kata yang ditulis menggunakan EYD yang baik dan benar, serta memerhatikan kaidah-kaidah penulisan

3. Unggah gambar untuk melengkapi jawaban yang diberikan (wajib)

4. Sertakan nama pada saat menjawab di bagian bawah tulisan dengan format : Nama_Departemen_Nama Serdadu

5. Disarankan menggunakan laptop/dekstop untuk menjawab setiap pertanyaan

6. Share jawaban kamu ke sosial media yang kamu miliki (Facebook, Twitter, Line, atau Whatsapp)

7. Tugas akan di-check secara berkala oleh Panitia Orange FEM 2017

8. Periode pegumpulan tugas adalah tanggal 21 – 25 Agustus 2017

9. Setelah jawaban disubmit, klik button edit bio topic dan isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa Ekonomi Syariah FEM IPB.


Alifah Khairunnisa
Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB

NO RIBA GO SHARIA

1soqbKJyTe7on5mMCKAIHgBFv92WiYWM.jpg

Ekonomi syariah adalah cabang ilmu ekonomi berdasarkan ajaran agama islam yang berbasiskan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Perkembangan sistem dan praktik ekonomi dan syariah semarak sejak 1990-an. Dalam masalah ekonomi dunia yang masih berlandaskan ekonomi konvensional, ekonomi syariah bisa menjadi solusi dari krisis ekonomi dan terobosan paling mutakhir untuk memajukan ekonomi keadilan yang berkelanjutan.

Di era millenial saat ini, internet adalah salah satu sumber informasi yang marak digunakan oleh masyarakat. Cara paling efektif untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menabung dan bertransaksi di bank Syariah yang pertama adalah dengan menginformasikan keunggulan-keunggulan bank syariah melalui media yang paling marak digunakan oleh masyarakat.

Internet, dewasa ini menjadi media yang terbukti sangat efektif untuk mengangkat isu-isu yang ada di sekitar kita. Sebuah isu di pelosok negeri dapat tersebar hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Dengan judul yang mengundang rasa penasaran, ditambah dengan konten yang memang menarik, siapapun pasti rela menyisihkan waktunya untuk sekedar mendapatkan informasi tentang isu tersebut. Bank Syariah dengan segala keunggulan nya seharusnya mampu memanfaatkan media internet lebih intens lagi. Serta mayoritas penduduk Indonesia yang muslim (beragama Islam) pasar yang sangat luas dan potensial.

Yang kedua, penyuluhan. Melakukan Pencerdasan kepada masyarakat dengan memahamkan urgensi bank syariah, konsep yang dipakai, produk tabungan yang ditawarkan, serta bukti-bukti dan testimoni mengenai keunggulan bank Syariah. Ini dapat disebarluaskan dengan iklan yang dipasang secara smart dan strategis dengan branding yang menarik.

Yang ketiga, memaksimalkan fasilitas bank syariah. Berdasarkan wawancara yang pernah dilakukan penulis terhadap nasabah bank syariah, ketersediaan kantor cabang dan mesin ATM bank syariah masih jarang tersedia di tempat-tempat strategis yang diperlukan. Itu bisa menjadi faktor masyarakat enggan menabung di bank syariah karena susah untuk melakukan penarikan uang dan saldo yang terpotong jika menggunakan bank lain. Bank syariah juga disarankan untuk memaksimalkan fasilitas bank syariah sebagaimana failitas yang terdapat pada bank konvensional seperti mobile banking,internet banking, SMS banking dan sebagainya.

 

Alifah Khairunnisa_Ekonomi Syariah_Panji Sostrokartono

 

300 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored