selasar-loader

Apakah berolahraga memiliki pengaruh secara langsung terhadap perkembangan mental?

LINE it!
Answered Aug 24, 2017

El Hakim Law
The Explorer

KoTSfYB4sGSTGjCMpgdwWEJyi6tM07Vr.jpg

Ada banyak riset yang diulas oleh peneliti, baik personal atau institusional, berkaitan dengan relasi antara olahraga dan peningkatan kesehatan mental, seperti mereduksi depresi, stres dan hal lain.

Secara subjektif eksperimental, saya mengakui kebenarannya.

Melalui olahraga seperti jogging, berenang, workout, bahkan e-sport, hormon seperti dopamin dan testosteron di tubuh meningkat sehingga akan berdampak pada organ tubuh lain, mulai dari otak hingga jantung. Hal tersebut tentu akan berdampak pada mentalitas yang positif terlebih ketika ada target-target yang dicapai pascaolahraga, termasuk mendapat tubuh atletis.

Itulah kenapa di gym, cermin menjadi benda wajib agar mereka yang di sana bisa melihat capaian mereka agar terus menjaga mental positif untuk mencapai targetnya.

18YwcteHrut-Rnmc_6t6LEzFfQ8e9BL3.jpg

Hal ini juga yang coba diajarkan oleh agama saya, Islam, melalui konsep salat berjamaah di masjid. Bahkan, ada hadits yang menyatakan dengan tegas akan banyaknya faidah seseorang yang berjalan dari rumah ke masjid. Islam mencoba membangun mental aktif dan positif bagi pemeluknya melalui olahraga ringan seperti berjalan.

Jadi, kalau Anda merasa sumpek, coba push up 5 kali atau berjalan-jalanlah sejenak.

 

Ilustrasi 1 via active.com
Ilustrasi 2 via garagegym.com

137 Views
Write your answer View all answers to this question