selasar-loader

Apa yang menarik dari Mario Balotelli?

LINE it!
Answered Apr 21, 2017

Shendy Adam
Eks sport journalist di Harian Merdeka

MbBhaHXK1F9FSXyjrYVA6L2jOkDCNir9.jpg
Mario Balotelli adalah pribadi yang unik. Ia memiliki segalanya untuk menjadi pemain kelas dunia. Tapi yang terjadi, ia kini hanya membela Nice sebuah klub medioker di Liga Prancis. Sangat ironi, di usianya yang baru 26 tahun ia harusnya sedang menikmati puncak karier di klub besar.

Talenta Balotelli yang di atas rata-rata sudah dideteksi para pemandu bakat (talent scout) sejak usia belia. Saya sendiri tahu Balotelli sekitar delapan tahun lalu melalui game Football Manager 2009. Balotelli termasuk dalam kategori wonderkid di game tersebut. Saat itu striker berusia 18 tahun ini sudah membela Inter Milan, namun belum mendapat tempat reguler di tim utama.

Selama membela Nerrazzuri, Balotelli sering melakukan tindakan indisipliner baik saat latihan, di pertandingan resmi, maupun dalam kehidupan di luar lapangan. Hubungannya dengan pelatih Jose Mourinho dan sejumlah pemain senior pun jadi tidak harmonis.

Balotelli akhirnya hengkang ke Manchester City di awal musim 2009/2010. Ia reuni dengan eks pelatih pertamanya di Inter, Roberto Mancini. Nilai transfer Balotelli terbilang tinggi untuk pemain berusia 20 tahun.Ia dibanderol 21,8 juta euro. Hijrah ke Inggris tidak mengubah perangainya. Puncaknya, ia mengoleksi empat kartu merah sepanjang musim 2011/2012. Performanya di lapangan juga tidak stabil.

Pertengahan musim 2012/2013, Balotelli dijual ke AC Milan. Rossoneri adalah klub idola sang pemain sejak kecil. Di San Siro, ia mulai menemukan kembali sentuhannya. Namun sayang di musim 2013/2014, ia kembali lebih sering diberitakan negatif ketimbang memberi kontribusi nyata.

Ketika ada tawaran dari Liverpool terhadap pemain kelahiran Palermo ini, Milan langsung membuka pintu keluar. Nilai pasar Balotelli saat itu masih cukup tinggi yakni 16 juta euro. Ia diproyeksikan sebagai pengganti Luis Suarez yang hengkang ke Barcelona. Balotelli sepertinya tidak kuat menanggung ekspektasi demikian tinggi. Performanya amat buruk. Dia cuma bisa mencetak 1 gol dari 16 laga di Premier League musim 2014/2015.

Musim 2015/2016 ia pulang ke Milan dengan status pinjaman. Ternyata ketajamannya tak kunjung kembali. Pelatih baru Liverpool Juergen Klopp enggan ambil risiko memasukkan Balotelli ke dalam skuatnya saat persiapan musim 2016/2017. Nasib baik Balotelli yang selalu bergabung dengan tim besar akhirnya terhenti. Ia direkrut Nice dengan status bebas transfer.

Balotelli punya hubungan yang tidak harmonis dengan orang tua kandungnya. Ia memang diadopsi pasangan Italia berdarah Yahudi Francesco Balotelli dan Silvia pada usia 3 tahun.

276 Views
Write your answer View all answers to this question