selasar-loader

Mengapa Indonesia yang tidak menegakkan hukuman Qisas? Apa hukuman qisas tidak sesuai? Mengapa?

LINE it!
Answered Aug 24, 2017

Qisas istilah dalam hukum islam yang berarti pembalasan (memberi hukuman yang setimpal), mirip dengan istilah "utang nyawa dibayar nyawa". Dalam kasus pembunuhan, hukum qisas memberikan hak kepada keluarga korban untuk meminta hukuman mati kepada pembunuh.


Apa itu hukum Qisas?

Secara sederhana Qisas merupakan hukuman setimpal atas tindakan kriminal seseorang.

Mata dengan mata, nyawa dengan nyawa.

Mengapa konsep ini tidak diterapkan di Indonesia?

Hal ini disebabkan filsafat hukum yang ada dalam hukum positif Indonesia tidak memegang konsep keadilan ala Qisas atau revenge equality melainkan keadilan berdasar pemulihan atau recovery equality.

Hal ini bisa kita lihat dari hukuman pidana yang berlaku di Indonesia diharapkan bisa merubah terdakwa menjadi orang yang lebih baik serta menjadi pelajaran bagi orang lain (meski nyatanya juga tidak dengan dibuktikan masih tingginya bahkan melubernya narapidana kita).

Selain filsafat hukum yang berbeda, keseriusan law-maker dalam hal ini institusi legislatif alias DPR masih jauh panggang dari bara untuk menerapkan Qisas di Indonesia. Idealisme sekuleristik - materialistik yang dianut oleh anggota dewan tentu mempengaruhi tingkat dukungan mereka untuk meloloskan hukum pidana Qisas secara nasional.

Maka, untuk menjawab hal ini tentu diperlukan solusi holistik baik berdasarkan pemahaman konsep dan realitas atas keadilan dan dampak futuristik dari Qisas termasuk hasil studi komparasi dari negara atau wilayah yang menerapkannya.

Semuanya kembali pada the people force untuk menuntut keberlakuan Qisas atau tidak. Jika rakyatnya saja masih anti dengan ngaji, jangan berharap terlalu besar mereka akan mendukung Qisas. Itu dulu PR-nya.

809 Views
Write your answer View all answers to this question