selasar-loader

Bagaimana cara bebas finansial?

LINE it!
Answered Apr 19, 2017

Arief Mizan
Praktisi Komunikasi Pemasaran

zcuOtMnllvcZFqH7yHcwyYiGiFgf8Iza.jpg

Kalau mau gampangnya, saya tentu akan merujuk buku Robert Kiyosaki dan mengadopsi kuadrannya yang terkenal itu. Anda harus hijrah dari E (Employee) ke S (Self Employee) kemudian ke B (Businessman) dan akhirnya menjadi I (Investor). Hanya dengan menjadi investorlah uang akan bekerja untuk Anda. Kira-kira itulah saripati Rich Dad, Poor Dad karya Kiyosaki. Dan ia membuktikannya. Di usia 40-an, dia memutuskan pensiun dan membiarkan uang investasinya bekerja untuk dirinya, sementara ia berlibur ke tempat-tempat eksotis dan menikmati hidup. 

Lalu, tiba-tiba saja sebuah kabar berhembus kencang. Salah satu anak perusahaannya dinyatakan bangkrut dan orang-orang mulai meragukan kredibilitas Kiyosaki. Padahal banyak juga investor lain yang bangkrut. Presiden AS Donald Trump, misalnya, dikabarkan 20 kali menyatakan bangkrut. Bukan berarti Donald tidak mahir mengelola keuangannya, melainkan memang iklim bisnis yang serba tidak pasti membuat investasi sebaik apapun bisa hancur dalam hitungan menit. Lihat saja krisis 2008, bagaimana bisnis riil estat porak poranda.

Bahkan saat manusia sampai di kuadran investor pun, ia tak kunjung mendapatkan kebebasan.

Untuk itulah bagi saya makna kebebasan finansial terbaik yang pernah saya dapatkan justru dari teman saya sendiri, CEO Selasar, Miftah Sabri.

"Duit itu ga penting. Ya cuma buat isi-isi kantong aja."

Ya, memang saya sudah kenyang dengan istilah-istilah dan pemaknaan-pemaknaan ajaib khas Miftah. Tapi mungkin memang itulah definisi bebas secara finansial; ketika duit tidak lagi jadi persoalan. Dengan begitu, fungsi uang dapat digantikan dengan hal lain yang lebih bermakna seperti ide, visi, keluarga, teman, lingkungan, dsb yang secara tidak langsung pada ujungnya memberikan kekayaan yang bukan hanya rohani, tapi juga secara materi melalui peluang-peluang bisnis yang berkesinambungan. 

354 Views
Write your answer View all answers to this question