selasar-loader

Sepenting apakah bahasa Indonesia bagi hidup Anda?

LINE it!
Answered Apr 19, 2017

Arief Mizan
Praktisi Komunikasi Pemasaran

E0OSZB0b0MwgmQ4dKKOhPt5EBiTZ5jNU.jpg

Bagi saya Bahasa Indonesia teramat sangat penting.

Suatu hari saya diwawancara oleh serorang teman yang aktif di dunia pendidikan. Ia menanyakan tentang bagaimana saya melatih anak untuk berbahasa Indonesia. Menurut mereka, semakin maraknya pengaruh Bahasa Inggris yang masuk lewat media dan juga sekolah-sekolah multi bahasa dapat mengancam kemampuan berbahasa pada anak. 

Saya terkejut juga mendengarnya dan kemudian akhirnya sadar bahwa pernyataan itu tidak berlebihan. Lihat saja media-media sosial yang digunakan oleh para millenials. Mereka mulai sering menggunakan bahasa Inggris dalam pergaulannya. Alasannya tentu beragam. Tapi yang sering kita dengar adalah agar terlihat keren dan pintar. Bayangkan jika ribuan atau bahkan jutaan anak Indonesia mulai percaya bahwa Bahasa Inggris itu keren dan sebagai konsukuensinya menganggap bahwa Bahasa Indonesia menjadi kurang keren, tentu lama kelamaan akan makin sedikit yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Saya iri dengan Tiongkok, Jepang, Korea, Thailand yang begitu bangga dengan bahasanya. Negara-negara ini bahkan memeiliki alfabet sendiri yang sulit dipahami oleh orang luar. Di TIongkok, negeri dengan lebih dari 1 Milyar penduduk, bermunculan bisnis-bisnis internet baru yang menggunakan bahasa Tionghoa yang tentunya bertujuan untuk meraih pasar domestik dengan citarasa khas Tiongkok. Kebanggaan berbahasa inilah (ditambah dengan regulasi pemerintah yang ketat) membuat bisnis internet global sulit bersaing di Tiongkok. Bahkan konon, Mark Zuckerberg menikahi wanita berketurunan Tionghoa karena memiliki visi ke masa depan tentang menguasai pasar Cina. Berdasar itulah saya melihat bahasa tidak hanya berperan sebagai identitas, tapi juga mampu mempengaruhi perekonomian sebuah negara.

Kembali ke Bahasa Indonesia, anak  muda harus terus menerus diingatkan tentang sejarah Bahasa Indonesia dan bagaimana dalam Sumpah Pemuda 1928, Bahasa disandingkan dengan Bangsa dan Tanah Air, menjadi tonggak bagi upaya memperjuangkan kemerdekaan.

Bagi saya sendiri, kehadiran Bahasa Indonesia di tengah-tengah ratusan bahasa daerah, ratusan dialek dan gempuran bahasa-bahasa asing, merupakan keajaiban yang dimiliki oleh Indonesia. 

Tentang keindahannya, siapa pula yang mampu mengangkatnya ke permukaan dan angkasa selain Chairil Anwar. Silahkan simak jawaban saya pada pertanyaan berikut https://www.selasar.com/answer/1817/Siapakah-penyair-terbaik-Indonesia

 

228 Views
Write your answer View all answers to this question