selasar-loader

Bagaimana cara menyudahi depresi berkepanjangan?

LINE it!
Answered Apr 25, 2017

Hari Nugroho
Pernah mengalami gejala depresi

Image result for how to treat depression

Depresi merupakan salah satu gangguan yang dialami oleh banyak orang. Terkadang kondisi ini disepelekan, orang yang mengalami depresi dianggap "manja" tidak tabah dalam menghadapi suatu kondisi stressor, padahal tidak demikian, depresi dapat dialami oleh setiap orang, dan disebabkan oleh faktor yang multifaktorial, baik kondisi organo biologi maupun kondisi tekanan psikososial. Jadi tidak semata-mata karena faktor yang banyak orang sebut sebagai manja.

Orang dengan kondisi depresi dapat merasa sangat putus asa, dan seolah tidak ada jalan keluar, hal ini dapat membahayakan ketika muncul ide-ide tentang kematian, apalagi jika sudah mengkristal menjadi ancaman bahkan percobaan bunuh diri, hal ini termasuk kondisi gawat darurat psikiatri yang membutuhkan penanganan segera.

Untuk mengatasi depresi, ada hal-hal yang dapat dilakukan. Intervensi kepada orang yang mengalami depresi dapat berupa intervensi farmakologis berupa obat-obatan anti depresan, maupun psikoterapi atau talk therapy. Pemberian intervensi farmakologis tentu saja harus dilakukan oleh profesional kesehatan, dalam hal ini dokter, lebih khusus lagi adalah psikiater. Jangan menggunakan obat-obat psikoaktif tanpa resep dokter, penggunaan yang tidak tepat justru akan menimbulkan masalah baru, misalnya pada orang yang menggunakan obat anti cemas seperti alprazolam tanpa petunjuk dokter, dapat menimbulkan adiksi atau kecanduan. 

Psikoterapi atau talk therapy juga dibutuhkan oleh orang dengan depresi, dengan efektifitas yang sama sebagaimana pemberian obat. Lagi-lagi sesi ini harus dilakukan bersama profesional yang terlatih misalnya psikiater atau psikolog klinis. Psikoterapi yang dapat dilakukan misalnya adalah Cognitive Behaviour Therapy (CBT), Interpersonal psychotherapy maupun problem-solving therapy.

Namun demikian, ada hal-hal yang dapat kita lakukan secara mandiri sebagai pelengkap terapi yang telah didapatkan dari para profesional. Ian Cook, psikiater dari pusat penelitian depresi UCLA, menyarankan untuk melakukan beberapa hal, yaitu :

1. Lakukan rutinitas. 

   Ian Cook mengatakan bahwa depresi akan membuat orang tidak menjalani struktur hidup yang dijalaninya. Untuk memperbaiki struktur tersebut, dapat dilakukan dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari.

2. Tetapkan suatu tujuan

    Orang yang mengalami depresi akan merasa tidak berdaya, tidak mampu menggapai sesuatu, untuk bisa mengatasi tersebut, disarankan untuk menetapkan satu tujuan yang "memaksa" orang untuk menggapai tujuan tersebut. Tentu saja tujuan yang ditetapkan harus realistis, dimulai dengan hal-hal kecil yang mudah dicapai, baru kemudian tantangannya meningkat seiring dengan perbaikan suasana perasaan.

3. Olahraga

Olahraga akan membantu pelepasan endorfin di dalam otak yang akan sangat bermanfaat untuk membangkitkan rasa senang sehingga dapat mengurangi rasa depresi. Tak perlu dengan olahraga yang berat-berat, cukup jalan kaki sekitar 30 menit beberapa kali tiap minggu akan sangat bermanfaat.

4. Makan makanan bergizi

Makanan yang banyak mengandung omega-3 seperti salmon dan tuna, serta banyak mengandung asam folat seperti bayam dan alpukat, dapat membantu untuk mengurangi depresi.

5. Cukup tidur

Usahakan untuk cukup tidur, mulailah dengan memperbaiki sleep hygine, jangan menggunakan gadget menjelang tidur, usahakan tidur dan bangun di jam yang sama

6. Lawan pikiran-pikiran negatif

Pikiran-pikiran negatif harus dilawan, jangan terpaku pada pikiran-pikiran tersebut, ubah cara berpikir anda, lihatlah dari sudut pandang yang lain yang lebih positif.

 

Semoga teman-teman yang mengalami depresi dapat segera sembuh dan kembali beraktifitas seperti biasanya.

 

(ket. gambar : psychcentral.com)

386 Views
Write your answer View all answers to this question