selasar-loader

Bagaimana pandangan Bapak Fahri Hamzah terhadap kinerja Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini?

LINE it!
Answered Aug 23, 2017

Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR RI

ruCUTG3vBsPL7prmcwsK7zgsUHGL18vx.jpg

PKS itu kita bagi dua; ada elitenya, ada struktur dan kader-kadernya. Menurut saya, kadernya itu terlatih. Terlatih untuk bekerja ikhlas. Terlatih untuk bekerja secara cepat. Terlatih untuk kompak. Terlatih untuk tidak materialistik/menagih upah, dll. Ada kecerdasan dalam bekerja.

Tetapi ini semua, karena sistemnya ini partai keadilan, kadang-kadang membuat kader itu terlalu banyak menunggu inisiatif dari pimpinan. Bahayanya, kalau yang sekarang ini, saya bisa katakan, ada persoalan dalam kepemimpinannya. Kurang memahami peta, mulai belajar berpolitik tetapi salah. Ya, saya kan tidak jauh untuk mengatakan bahwa saya adalah contoh dari kinerja yang buruk. Apa sebetulnya dasar dari suatu tindakan kepada saya itu sampai sekarang tidak jelas, dan semakin tidak jelas karena dikalahkan oleh pengadilan. Sebab kalau bicara tidak disiplin, ada terlalu banyak orang tidak disiplin yang sampai sekarang ini merajalela.

Saya baru pulang dari Maluku Utara. Kader-kader di sana sedang menyedihkan karena ada dua kader senior, yaitu gubernur incumbent dan mantan bupati Halmahera Selatan, yang saudara kandung, berebut secara terbuka di ruang publik, dan ingin dua-duanya didukung oleh PKS untuk maju menjadi calon gubernur. Tradisi merebut posisi seperti ini tidak dikenal di PKS, harusnya orang seperti ini sudah dipecat. Tapi saya dengar salah satunya dapat back up dari DPP, yang satunya dapat back up dari ketua-ketua majelis syura. Akhirnya keduanya membingungkan kader. Kader-kadernya melapor kepada saya.

Nah, ini adalah kinerja yang tidak baik dari leadership. Akhirnya kemudian kemasukan unsur-unsur yang negatif, berasal dari luar. Ini perlu diperbaiki ke depan.

Tonton jawaban lengkap saya di video berikut ini,

Foto via lingkarannews.com

334 Views
Write your answer View all answers to this question