selasar-loader

Seperti apa konsep Muslim Negarawan yang Pak Fahri Hamzah gaungkan di KAMMI?

LINE it!
Answered Aug 22, 2017

Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR RI

3Vtc7ehpZ8VLtdm8B9CULCoIThcOdyaM.jpg

Sebenarnya konsep Muslim Negarawan itu adalah semacam perlawanan naratif dari teman-teman KAMMI dan alumninya karena selama ini sering ada anggapan kawan-kawan muslim itu kadar kenegarawanannya rendah. Ada semacam blackmail seperti itu. Karenanya, kemudian agak susah punya standing negarawan dan posisi politik yang tinggi, padahal ini semua adalah kesalahpahaman.

Yang kedua, kadang-kadang memang banyak kelompok muslim, khususnya kalangan aktivis yang kalau dia belajar Islam, lama-lama kok menjadi minder hidup di dalam modernitas dan kompleksitas negara modern. Maka KAMMI kemudian datang dengan tesis supaya, “Eh, jangan begitu dong. Kita harus memiliki kedua-duanya,” sebab sedari awal bangsa kita ini dibangun dengan fondasi di mana agama dan negara itu disatukan ide-idenya di dalam konsepsi Pancasila.

Pancasila itu ada ide agama di dalamnya, ada juga ide negara. Ketuhanan itu ide agama, tetapi sekaligus juga menjadi konsep negara nasionalis religius. Kemanusiaan itu juga ide agama tapi juga ide dalam negara. Jadi ide-ide dalam agama dan negara yang digabungkan itulah yang seharusnya menjadi platform untuk membangun confident-nya sebagai muslim negarawan. Kira-kira itu, dua hal yang ingin dijawab oleh teman-teman.

Tonton jawaban lengkap saya di video berikut ini,

Ilustrasi via aktual.com

296 Views
Write your answer View all answers to this question