selasar-loader

Pak Fahri Hamzah, seperti apa konsep yang ingin Bapak bangun untuk negara Indonesia yang multi ras, budaya, dan lain-lain?

LINE it!
Answered Aug 22, 2017

Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR RI

cwZDEQ9lWlnnBIPcNpxWwwkWF0MoRZNw.jpg

Konsep dasar negara kita ini sudah final, Bung Fajar. Sudah final. Final dalam pengertian sudah ada temuan di mana para pendiri bangsa kita, the founding fathers kita, telah membuat fondasi dasar-dasar negara. Pertama, Pancasila sebagai dasar dan bisa dikembangkan sebagai ideologi. Yang kedua, UUD 1945 sebagai konstitusi yang telah kita amandemen empat kali dan dalam amandemen ini, seluruh dunia mengatakan, Indonesia cope dengan prinsip-prinsip negara demokrasi modern karena konstitusinya yang modern. Meskipun saya menganggap masih ada keperluan satu kali lagi amandemen, tapi tentu kita lihat saja karena kadang-kadang itu sensitif. Padahal itu hanya terkait penataan kelembagaan negara, bukan soal ideologi. Kalau soal itu, saya anggap itu sudah final. Tapi soal penataan kelembagaan negara, fungsi dari DPD, independensi yudikatif, atau independensi sektor yudikatif, kita harus pikirkan. Dan juga memperkuat prinsip-prinsip presidensialisme.

Nah, tetapi, karena itu sudah ada konsepnya (Bhinneka Tunggal Ika/negara kesatuan), maka yang perlu kita kembangkan berikutnya adalah dialektika. Dialog di dalam masyarakat kita. Saya mengambil contoh, misalnya, kasus saudara Viktor yang pidato tentang konsep khilafah dan sebagainya. Harusnya ini didialogkan secara matang. Kenapa muncul pikiran-pikiran kayak begini? Sehingga kita bisa saling menerima.

Saya kadang-kadang ada beban juga bagi kelompok mayoritas sebagaimana juga beban bagi kelompok minoritas karena kadang-kadang misunderstanding antaragama, antarbudaya, antarras masih muncul. Ini harus terus kita dialogkan supaya kita melihat bahwa keragaman dan warna-warni budaya, ras, dll itu adalah bunga di taman Nusantara kita. Begitulah yang seharusnya kita lakukan ke depan.

Tonotn video lengkap saya di video berikut ini,

Ilustrasi via nahdliyyah.org

234 Views
Write your answer View all answers to this question