selasar-loader

Apa yang membuat Napoleon Bonaparte melakukan penobatan diri sendiri sebagai kaisar Perancis?

LINE it!
Answered Aug 22, 2017

AMEILIA PUSPITASARI
UNIVERSITAS:UNSOED FAKULTAS EKONOMI, JURUSAN EKONOMI PENDIDIKAN NIM: CIL017006.

Jacques_Louis_David_-_Bonaparte_franchis

Napoleon adalah ahli strategi militer terbaik sepanjang sejarah. Karier militernya menanjak pesat setelah dia berhasil menumpas kerusuhan yang dimotori kaum pendukung royalis dengan cara yang sangat mengejutkan: menembakkan meriam di kota Paris dari atas menara. Peristiwa itu terjadi tahun 1795 saat Napoleon berusia 26 tahun.

Kemudian ia berhasil membawa kemenangan gilang gemilang Prancis atas Austria dan Prusia, bahkan nyaris menguasai seluruh daratan Eropa, dengan jalan mengobarkan perang maupun diplomasi.
Namun tak ada kekuasaan yang abadi. Kegagalan menginvasi Rusia dan akhirnya kekalahan di Waterloo meredupkan bintang Napoleon.
Pertempuran 18 Juni 1815 di dekat kota Waterloo, sekitar 15 km selatan ibukota Belgia, menjadi yang terakhir bagi Napoleon. Kekalahan dalam perang ini menjadi penutup sejarahnya sebagai Kaisar Prancis.
Menariknya, dua bulan sebelum Napoleon kalah telak, pada April 1815, nun jauh di wilayah Sumbawa yang kini menjadi bagian dari Indonesia, terjadi sebuah letusan gunung berapi kolosal: Tambora.
Sekitar 100 ribu orang tewas akibat aliran lava dan awan panas, karena tergulung tsunami, juga akibat selimut abu yang menutupi area pertanian di Asia Tenggara -- yang merusak tanaman pangan yang berujung kelaparan dan juga mencekik jalan napas warga.

 Inilah yang membuat Napoleon Bonaparte melakukan penobatan diri sendiri sebagai kaisar Perancis.

Sumber gambar: MilitaryHistoryNow.com

267 Views
Write your answer View all answers to this question