selasar-loader

Apa yang kalian tahu seputar keislaman dan keindonesiaan?

LINE it!
Answered Aug 20, 2017

- JAWAB MINIMAL DENGAN 300 KATA

- LAMPIRKAN NAMA LENGKAP, NIM, FAKULTAS

  DAN JURUSAN

- JAWABAN TIDAK BOLEH COPY PASTE ATAU 

  SAMA DENGAN TEMAN YANG LAIN

- SERTAKAN HASTAG #PBAKUINJKT2017 

   DI AKHIR JAWABAN KALIAN


Ali Munajib
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan PMI

NAMA  : ALI MUNAJIB

NIM     : 11170540000004

FAKULTAS : DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI

JURUSAN : PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM (PMI)

Keislaman merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan agama islam. Keislaman bisa diibaratkan seperti kompas yang menunjukan arah. Tujuannya untuk mencari keridhaa-Nya. Maka dari itu, dengan mengikuti segala arahan yang diberikan, semakin dekat kita menggapai ridha-Nya. Sebagaimana kita ketahui, segala arahan itu bersumber kepada Alquran dan sunnah. Segalanya telah diatur dalam Alquran dari segi akidah, akhlak, syariah, tarikh, waad dan waid. Namun Alquran ini bersifat umum jadi tidak membahas secara rinci. Maka dari itu, sunnah menjadi penyempurna atau membahas secara rinci apa yang ada dalam kitab Alquran. Kita sebagai manusia ketika ingin menggapai keridhaan-Nya maka harus berpegang teguh terhadap Alquran dan sunnah. Jadikan Alquran dan sunnah sebagai pedoman hidup. Tetap istiqomah dalam menjalankan segala perintahkan-Nya dan jangan lupa untuk selalu menjauhi segala larangan-Nya. Semoga kita termasuk hamba Allah yang selalu istiqomah dijalan-Nya. Demikian apa yang terbersit dalam benak saya tentang keislaman.

Keindonesiaan yaitu perihal yang bersangkutan dengan Indonesia, intinya yang menjadi ciri khas dari Indonesia itu sendiri. Hal pertama yang terbersit dalam kepala saya yaitu negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai dengan Merauke. Negeri yang kaya dan makmur dan dihuni oleh orang-orang yang ramah yang memiliki budaya gotong royong. Tanahnya subur, hutannya hijau yang dijuluki sebagai paru-paru dunia. Indonesia terkenal sebagai penghasil rempah-rempah di Eropa bahkan alasan negeri kita dijajah dulu karena rempah-rempah. Negeri kita kaya akan budaya dan bahasanya. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan dan bahasa yang berbeda. Walaupun berbeda-beda ras, agama, bahasa dan budaya, tapi kita dipersatukan oleh Indonesia.

Satu lagi yang paling penting tentang keindonesiaan yaitu bela negara. Bela negara yaitu sikap yang dimiliki oleh warga negara tentang rasa cinta terhadap negaranya. Bela negara bukan hanya sebatas ikut berperang tapi setiap warga negara dikatakan memiliki sikap bela negara ketika dia melakukan sesuatu sesuai dengan kapasitasnya. Bela negaranya seorang pelajar yaitu dengan cara dia belajar sungguh-sungguh, guna mempersiapkan calon pemimpin di masa yang akan datang.

#PBAKUINJKT2017

187 Views
Write your answer View all answers to this question